You are here: Home »

Sidang Umum PBB Tak Tertarik Membahas Isu HAM Papua

RASUDOFM DOGIYAI Rabu, 25 April 2012 0

Oleh: Kanis Wk - Akhir pekan lalu (Sabtu, 21/4/2012) di Padang Bulan, Abepura, Papua, berlangsung dialog dengan Koordinator Faith-based Network on West Papua, Kristina Neubauer terkait peluncuran Laporan Internasional Tentang HAM di Papua Tahun 2010-2011.
Kepada peserta dialog yang berjumlah sekitar 200 orang dari berbagai elemen di Papua itu, Kristina menuturkan bahwa dirinya ikut menghadiri Sidang Umum PBB di markas PBB Genewa selama tiga minggu di bulan Maret 2012. Agenda khusus tahunan PBB yang membas tentang pelanggaran HAM di seluruh dunia itu, tidak satupun pembahasan tentang  Papua.
Kristina yang didampingi tiga tokoh Papua, yaitu Ruben Magai (Anggota DPR Papua), Socratez Sofyan Yoman (Tokoh Agama) Mathius Murib (Anggota Komnas HAM Perwakilan Papua) itu, Kristina menekankan bahwa kendala utama mengapa di luar negeri kurang ada respon terkait masalah Papua, adalah kurangnya data.
Pernyataan Kristina ini cocok dengan keluhan seorang anggota Parlemen Belanda yang awal bulan ini menerima kunjungan Benny Wenda dkk di Den Haag yang tengah berupaya keras ‘merayu’ Belanda untuk mendukung perjuangan mereka memisahkan Papua dari NKRI. Pihak parlemen Belanda mengeluhkan banyaknya informasi tentang Papua yang dibesar-besarkan oleh para aktivis Papua merdeka.
Hal seperti tersebut di atas memang bukan hal baru. Isu Papua sudah dikembangkan kemana-mana sesuai kepentingan masing-masing pihak, sehingga obyektivitasnya sangat meragukan.
Saya gembira karena ternyata masih banyak pihak di luar negeri yang masih mau berpandangan obyektif tentang Papua. Mereka juga sadar bahwa Pemerintah di negeri manapun tidak akan pernah mau mentelantarkan warganya, apalagi mendiamkan pelanggaran HAM yang menimpa warga negaranya. Palanggaran HAM WNI di luar negeri saja ditangani sampai tuntas, apalagi kejadian itu berlangsung di depan mata.
Toh sudah banyak anggota TNI dan Polri yang diseret ke depan hukum untuk diadili, terkait pelanggaran HAM yang mereka lakukan. Penegakan hukum memang sedang gencar dilakukan Pemerintah Indonesia, di samping upaya-upaya lainnya untuk mendongkrak kesejahteraan masyarakat, termasuk warga Papua. Maka, mari kita hargai upaya positif pemerintah ini dengan apresiasi yang semestinya, dengan harapan ke depan, langah-langkah perbaikan derajat hidup bangsa Indonesia semakin ditingkatkan.


About The Author

Komonitas Radio Suara Dogiyai Fm(RASUDO FM) Alaamat Jln. Ekanabi Tagi - Distrik Dogiyai - Kabupaten Dogiyai - Propensi Papua

Share This Article


Related Post

Tidak ada komentar: