Home » » Mawar Tak Berduri-Dogiyai

Mawar Tak Berduri-Dogiyai


Mawar Tak Berduri-Dogiyai
Ini merupakan cerita buah tangan dari Theresia Mote. Sebenarnya saya belum mengenalnya dan hanya mengenal kakaknya yang menjadi Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Dogiyai. Saya akan menuliskan versi aslinya, begini ceritanya :

Papua memiliki banyak keunikan dan keragaman flora dan fauna. Terlebih khusus berbicara tentang flora atau tumbuh tumbuhan yang begitu melimpah dan terkenal keunikannya, menjadikan Papua sejuk dan nyaman serta memiliki panorama yang indah untuk dinikmati.
Ada satu jenis tumbuhan yang membuat saya terpesona yaitu bunga mawar. Siapa yang tak kenal bunga mawar, pasti semua orang tahu tumbuhan yang satu ini. Tapi bunga Mawar yang satu ini agak unik. Kenapa unik ? Bunga Mawar ini disebut “BUNGA MAWAR TAK BERDURI” karena memang Mawar ini tidak mempunyai duri. Mawar ini mempunyai kembang agak besar artinya memiliki kuntum bunga yang lebih besar dibandingkan mawar yang berduri. Dan apabila dia berumbuh menjadi besar mirip seperti pohon, jadi bisa disebut juga “Pohon Mawar”. Cara perawatannya sederhana yaitu dengan memangkas sehingga akan keluar tunas batu dan akan menghasilkan kuntum Mawar yang begitu banyak.

Bunga Mawar ini terdapat di Papua- khususnya, didaerah pegunungan. Karena Mawar ini hanya bisa hidup di daerah sub-tropis atau daerah dingin. Salah satunya terdapat di Kabupaten Dogiyai, lembah moanemani. Bunga Mawar ini tumbuh subut disekirta rumah Pastor (Pastoral) dan halaman gereja katolik Moanemani.

Sambil menikmati indahnya Mawar, sayapun singgah di rumah Perantau, tempat tinggal para Bruder dan Pastor Fransiskan, untuk mencari tahu sejarah atau silsilah terjadinya tumbuhan Mawar tak berduri. Konon asal mulanya Mawar itu sebenarnya berduri. Lalu kenapa mawar yang satu ini tidak berduri ? Saya diceritakan oleh salah saru Bruder yaitu Bruder Yosep Tebay, OFM yang sudah lama bertugas di daerah lembah Moanemani. Menurut ceritanya, bunga mawa ini terjadi karena, ada salah seorang Santo FRANSISKUS-ASISI, yang berasal dari Italia-Roma, semasa mudanya dia dikenal sebagai ketua muda mudi katolik di Asisi. Orang tuanya kaya raya, dan punya banayk uang. Kehidupan Fransiskus tidak susah. Semua muda mudi senang dengan Dia. Siang dan malam dia berpesta pora dan menghamburkan-hamburkan uang bersama dengan teman muda mudinya. Sehingga dia menjadi orang yang terkenal sebagai pemboros tetapi juga penjahat.

Pada suatu hari Fransiskus berjalan-jalan di depan greja ‘SANG DAMIANO” (nama gereja). Dia masuk kedalam gereja dan berdoa. Di depannya ada salib tergantung, lalu dalam keadaan berdoa, salib itu bicara pada pemuda Fransiskus, Katanya : “Perbaiki Gereja yang hampir roboh ini. Maksud YESUS “Fransiskus harus perbaiki cara hidupnya” namun Fransiskus berfikir bahwa betul Gereja ini harus diperbaiki atau direhab.

Di halaman gereja itu, penuh bunga mawar, waktu dia rehab atau perbaiki gedung gereja itu, sejenak dia mengingat kembali segala peristiwa, kenakalan remaja yang dia perbuat selama dia hidup, bagaikan semasa mudanya dikasetkan lalu diputar kembali. Fransiskus merasa menyesal dan sedih seklai. Lalu Fransiskus membuka pakaian yang dia pakai sampai dia telanjang, tidak berpakaian lagi. Lalu dia pergi ke halaman gereja persis di taman bunga yang penuh dengan tumbuhan mawar berduri. Dia lalu berguling-guling di atas tumbuhan bunga-bunga mawar yang ada disitu. Semua duri yang ada pada bunga mawar tersebut masuk ke dalam tubuh Fransiskus-kemudian menjadi tumbuhan Mawar tak berduri hingga sekarang.

Fransiskus-Asisi akhirnya bertobat dan menjadi Santo, yang kemudia semangat/spiritual hidupnya melahirkan komunitas Fransiskan. Ia juga kemudian dikenal sebagai pendiri Ordo OFM. Demikian cerita tentang cikal bakal bunga mawar tak burduri terjadi. Apabila Anda tertarik dengan BUNGA MAWAR TAK BERDURI maka datang dan nikmati keindahannya di Lembah Moanemani, Dogiyai, Papua. Sekian.

PENULIS :  Suripto Suripto
Share this video :

0 komentar:

Post a Comment

 
Copyright © 2013. RASUDO FM DOGIYAI - All Rights Reserved

Distributed By Free Blogger Templates | Lyrics | Songs.pk | Download Ringtones | HD Wallpapers For Mobile

Proudly powered by Blogger