Home » » Peringatan Dini Tsunami di Papua Barat

Peringatan Dini Tsunami di Papua Barat

MANOKWARI : Sekretaris Daerah (Sekda) Papua Barat, Ir ML Rumadas, mengatakan, peralatan peringatan dini tsunami akan dipasang di daerah-daerah pesisir dan kepulauan di provinsi itu yang berpotensi tsunami.


Menurut Rumadas, di beberapa daerah kabupaten di Papua Barat telah dipasang alat peringatan dini tsunami. Namun, alat tersebut ke depan harus ditambah karena daerah kepulauan dan pesisir yang berpotensi tsunami di Papua Barat cukup luas. 


 
Daerah pantai yang cukup rawan dan berpenduduk seperti Manokwari, Teluk Wondama, Teluk Bintuni, sebagian Kabupaten Sorong Selatan, juga Kepulauan Raja Ampat dan Kota serta Kabupaten Sorong harus dipasangi alat peringatan dini tsunami karena kawasan itu padat penduduk. 


 
Hal itu dikatakan Rumadas setelah terjadi gempa yang mengguncang Manokwari, Sabtu (21/4), pukul 10.16 WIT, berkekuatan 6,8 SR pada kedalaman 10 km di wilayah 88 km tenggaran Manokwari. Lalu gempa berikutnya pukul 10.24:43 berkekuatan 5,7 SR dengan kedalaman 10 di wilayah 83 km timur laut Bintuni, dirasakan di seluruh Provinsi Papua Barat. 


 
Menjawab pertanyaan wartawan, Rumadas mengatakan belum ada laporan korban tewas atau luka akibat gempa itu. Juga belum ada laporan kerusakan bangunan yang signifikan. 


 
Khusus di Manokwari, gempa itu sudah dianggap biasa bagi sebagian warga. Sebab, apabila terlanda gempa, otomatis warga sudah tahu apa yang harus dilakukan untuk menghindari jatuhnya korban. Misalnya, harus segera ke luar rumah langsung mencari dataran tinggi untuk menghindari tsunami. (Yacob Nauly)




(Suara Karya)
Share this video :

0 komentar:

Post a Comment

 
Copyright © 2013. RASUDO FM DOGIYAI - All Rights Reserved

Distributed By Free Blogger Templates | Lyrics | Songs.pk | Download Ringtones | HD Wallpapers For Mobile

Proudly powered by Blogger