Home » » BUMN China Bangun Pabrik Semen di Papua

BUMN China Bangun Pabrik Semen di Papua

Selain BUMN China, Semen Gresik juga tengah merealisasikan pembangunan satu unit pengantongan semen di Sorong, Papua Barat.

JAKARTA, Rasudofm - Sebuah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) China tengah menyusun rencana investasi pabrik semen di Manokwari, Papua Barat. Pabrik semen berkapasitas satu juta ton per tahun itu bakal dibangun oleh State Development and Investment Cooperation (SDIC) China, sebagai bagian dari tujuh investor baru yang kini masuk ke dalam industri semen di Indonesia.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Perindustrian, M.S. Hidayat dalam rapat kerja dengan DPR Komisi VI hari ini (28/5) di Jakarta. Belum ada penjelasan secara rinci mengenai investasi BUMN China tersebut.

Selain BUMN China, Semen Gresik juga tengah merealisasikan pembangunan satu unit pengantongan semen di Sorong, Papua Barat. Unit tersebut akan beroperasi pertengahan tahun ini.

Masih di Papua, menurut Hidayat, kini juga tengah dilakukan studi kelayakan pembangunan industri semen di Timika untuk tahun anggaran 2012. “Direncanakan, kegiatain ini akan dilanjutkan dengan pembangunan satu unit packing plat semen berkapasitas 300 ribu ton di Timika sebagai stimulus minat investor membangun industri semen di Timika,” kata Hidayat.

Tujuh investor baru di industri semen di Indonesia adalah sebagai berikut:

1.     Anhui Chonch Cement Co, Ltd.  Berencana membangun pabrik semen dengan total kapasitas produksi 10 juta ton per tahun di berbagai lokasi yakni Kalsel, Kaltim, Kalbar dan Papua Barat.

2.       China Trio Int Engineering Co, Ltd. Berencana membangun pabrik semen berkapasitas 2,5 juta ton di Tanjung, Kalsel.

3.       SDIC China, membangun pabrik semen 1 juta ton di Papua.

4.       Siam Cement, mengakuisisi pabrik semen Boral/Jaya Readymix berkapasitas 1,8 juta ton per tahun di Sukabumi.

5.       Wilmar, Semen Merah-Putih, membangun parbik semen berkapasitas 1,2 juta ton per tahun di Bayah (Banten)

6.       PT Jui Shin Indonesia, membangun pabrik semen berkapasitas 2,5 juta ton di Karawang.

7.       Semen Grobogan/Gajah Tunggal (China Triumph Int Eng Co. Ltd.) Membangun pabrik semen berkapasitas 1,5 juta ton per tahun di Grobogan.




Sumber: Jaringnews.com



Share this video :

0 komentar:

Post a Comment

 
Copyright © 2013. RASUDO FM DOGIYAI - All Rights Reserved

Distributed By Free Blogger Templates | Lyrics | Songs.pk | Download Ringtones | HD Wallpapers For Mobile

Proudly powered by Blogger