Home » » Pelayanan Pasien di RSUD Wamena Sangat Kurang

Pelayanan Pasien di RSUD Wamena Sangat Kurang

JAYAPURA – Berdasarkan hasil penelitian Yayasan Pengembangan Kesehatan Masyarakat(YPKM), terhadap kepuasan pasien di Rumah Sakit Pemerintah Provinsi Papua dan Papua Barat, dengan 10 RSUD yang menjadi tempat penelitian, Wamena mendapat nilai negatif, pasalnya pelayanan terhadap pasien di RSUD tersebut sangat kurang.

 “Dari sepuluh rumah sakit yang diteliti hanya Wamena yang kurang. Indikator yang menyebabkan sehingga terjadinya ketidakpuasan terhadap pasien adalah karena fasilitas, ketenagaannya, atau sisi sumber daya manusianya yang masih minim sekali,” ungkap Koordinator Tim Peneliti yang juga Direktur YPKM, Drs. T.G Butarbutar, M.Kes, kepada wartawan di Aula SMK Negeri 1 Jayapura, Selasa (29/5).
 Sedangkan Rumah Sakit Umum Daerah yang memilik kepuasan pasien tertinggi adalah Rumah Sakit Fakfak, diikuti oleh RSUD Manokwari, Yowari. 

 Menurut Butarbutar, aspek-aspek yang dipakai oleh YPKM dalam mengukur kepuasan pasien itu diantaranya ada 5 yaitu ketanggapan, kehandalan dalam melakukan penanganan, perhatian, penampilan fisik rumah sakit dan manajemen. Sepuluh rumah sakit yang diteliti itu diantaranya, di RSUD Abepura, Biak, Dok II, Fakfak, Manokwari, Merauke, Nabire, Serui, Wamena Yowari.

  Latarbelakang malakukan penelitian ini adalah untuk memberikan masukan bagi peningkatan pelayanan kesehatan secara khusus kepada masyarakat yang ada dirumah sakit. Dengan penelitian tersebut, sudah sejauhmana kepuasan pelayanan terhadap masyarakat.

“Penelitian ini nantinya akan memberikan masukan kepada masukan kepada rumah sakit, pemerintah, Dewan Perwakilan Rakyat, dan kepada masyarakat,” katannya.

Sementara itu,  Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua, Drg. Yosep Rinta, M.Kes, menyambut baik hasil penelitian itu, karena menurutnya, dengan penelitian-penelitian tersebut dapat memberikan masukan atau kritikan terhadap kelangsungan pelayanan rumah sakit pemerintah kepada pasien atau masyarakat di Papua dan Papua Barat.

“Dengan hasil penelitian yang dilakukan oleh YPKM ini, kami berharap bisa menjadi evaluasi terhadap pelayanan kesehatan masyarakat yang kami lakukan terutama kepada RSUD,” ujarnya. Dari hasil penelitian tersebut, pihak pemerintah akan melakukan perbaikan-perbaikan untuk menyempurnahkan pelayanan kepada masyarakat. (cr-177/nan)
 
Sumber : Cepos
Share this video :

0 komentar:

Post a Comment

 
Copyright © 2013. RASUDO FM DOGIYAI - All Rights Reserved

Distributed By Free Blogger Templates | Lyrics | Songs.pk | Download Ringtones | HD Wallpapers For Mobile

Proudly powered by Blogger