.
» » » 11 Anggota Papua Merdeka Menyerahkan Diri

11 Anggota Papua Merdeka Menyerahkan Diri

Penulis By on Sunday, 24 June 2012 | No comments

PAPUA-- 11 orang anggota Tentara Pembebasan Nasional (TPN) Organisasi Papua Merdeka (OPM)  menyerahkan diri ke Polres Kepulauan Yapen Serui Papua, pada hari  Sabtu (23/6) kemarin.
Menurut salah satu sumber resmi di Polres Kepulauan Yapen Serui Papua  kepada Tribunnews.com Minggu (24/6/2012)  menjelaskan, kesebelas  orang yang merupakan anggota TPN/OPM dari Distrik Angkasera Kepulauan Yapen ini menyerah dengan sukarela.

Mereka  langsung menyerahkan diri kepada Kapolres Kepulauan Yapen AKBP Drs. Roycke Harilangi. "Anggota TPN-OPM itu menyerah setelah markas tempat pelatihan mereka di grebek aparat gabungan TNI-Polri akhir Mei lalu. Saat itu salah satu anggota mereka juga berhasil diamankan," ujarnya yang enggan namanya disebut.

Philemon Manitori yang merupakan Sekretaris TPN-PB Kodam III Saireri beserta 10 orang anggotanya menyerahkan diri secara sukarela ke Polres Kepulauan Yapen pada hari Sabtu 23/06 yang lalu.
Saat menyerahkan diri, sebelas anggota TPN/OPM ini diterima langsung oleh  Kapolres Kepulauan Yapen  dan  kemudian langsung melakukan pendataan terhadap mereka, sekaligus memberikan pembinaan mental dan ideologi.

Usai menyerahkan diri kepada pihak Kepolisian Polres Kepulauan Yapen, kesebelas anggota TPN/OPM tersebut juga langsung diserahkan kepada pihak Pemda kabupaten Yapen dimana , Penjabat Bupati Yapen Helly Werror menerima kesebelas anggota OPM itu diruang Aula kantor Bupati .
Sementara itu pihak Kepolisian Polda Papua hingga berita ini ditunrunkan belum bisa dikonfirmasi soal penyerahan diri sebelas anggota TPN/OPM tersebut.

Kapolres Yapen AKBP Roycke Harilangi saat dihubungi melalui telepon selulernya, tidak bersedia membalas pesan dan juga mengangkat panggilan telepon walapun telepon Kapolres Aktif. Sementara  Kabid Humas Polda Papua Kombes Polisi Johannes Nugroho Wicaksono juga belum bersedia memberikan keterangan.

"Sampai saat ini saya belum menerima laporan atas adanya 11 orang yang di duga anggota OPM menyerahkan ke Polres Yapen," katanya.
Kesebelas anggota TPN/OPM yang menyerahkan diri  itu antara lain;

1.   Altoliap Ayomi (21)
2.   Benny Torobi (17)
3.   Dolfinus Reba (21)
4.   Kornelis Bonai (52)
5.   Lewi Numberi (23)
6.   F.Menasir Fonotaba (19)
7.   Otis Karimati (35)
8.   H.Philemon Manitori  (47)
9.   I.Frits Reba (20)
10. J.Salmon Nuboa (39)
11. K. Viki Mansei (16).


 TRIBUNNEWS
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya