.
» » » Hut Tpn-Opm Wilayah Paniai: Optimis Pengibaran Benderah Bintang Kejorah

Hut Tpn-Opm Wilayah Paniai: Optimis Pengibaran Benderah Bintang Kejorah

Penulis By on Wednesday, 27 June 2012 | No comments

BENDERA NEGARA REPUBLIK WEST PAPUA
BINTANG KEJORAH
(FOTO: DESAIN TPN-OPM PANIAI)
EDUDA-- Devisi II Makodam Pemka IV Paniai  Pimpinan Jhon M. Yogi,  Optimis akan Memperingati Hari Lahirnya  Tentara Pembebasan Nasional-Organisasi Papua Merdeka (Tpn-Opm), lahir pada  tahun 1971  Patut di rayakan bagi siapun dia orang pribumi Papua dan Luar Papua.
 
Walaupun Kolonialis Indonesia (Tni/Polri) dan Pemerintah Biadat Membongkar Markas Kami (Eduda Pada hari Selasa 13 Desember 2011, sekitar pukul 05.00 Wib  lalu sampai saat ini.  dengan mengunakan Helikopter, angkatan Udara, darat, laut), Kami Tetep Memperingati Hari Hut Tpn-Opm, keadaan apapun karena itu warisan kami tidak ada yang melarangnya Semangat Perjuangan Tetap ada sampai Papua “Merdeka”.
Tepat Pada 1 juli 2012 kami akan Merayakan dengan upacara bendera Pengibaran Bintang Kejorah  sebagai Bendera Negara West Papua, untuk memperingati sebagai hari bunyi  teks Proklamasi lahirnya Tentara Pembebasan Nasional-Organisasi Papua Merdeka (TPN-OPM. Bunyi teks proklamasi kemerdekaan Rakyat Papua  Barat yaitu  “Rakyat Papua  Barat; Sekalian, dari Numbay sampai Merauke,  dari  Sorong sampai Balim Pengunungan Bintang,  dan dari Biak sampai pulau Adi, dengan Berkat dan pertolongan Tuhan kami mendapat kesempatan hari ini. Menyampaikan kepada kami sekalian, berdasarkan keinginan luhur bangsa Papua Barat Bahwa bangsa dan Tanah air yang  merdeka berdaulat penuh. Kiranya Tuhan Menyertai kita dan ini dunia menjadi maklum bahwa ke inginan luhur Bangsa Papua Barat menjadi nyata Victoria : 1 juli 1971 atas nama rakyat dan pemerintah Papua Barat (Presiden Zeth Javet Rumkorem Brig Jendral) “

Perjuangan singkat TPN-OPM yang bermarkas Victoria di sebela timur Papua Barat disanalah Markas Besar (MABES) (OPM-TPNL) didirikan markas besar Victoria pada tanggal 1 juli 1970 di bawah pimpinan Brig Zeth Rumkorem. Hingga sampai saat ini yang ke 41 tahun.

Setelah berbasis di Victoria mereka menyatakan kegiatan kekuatannya di Waris dan Bapak Zeth Almarhum di bacakan bunyi teks proklamasi kemerdekaan Papua Barat yang pertama kali pada tanggal 1 juli 1971 di kota Waris.

Selanjunya  Pembagian wilayah perluasan DEVACTO di Papua Barat Pada Tanggal 28 oktober 1979 di Victoria pembagian wilayah yakni ; 1).       Makodam Pemka I Mamta Jayapura (a. Obet Wali, b. Yan Sewi). 2).       Makodam Pemka II Wamena (a. Matias Wenda, b. Amos Tabuni). 3).       Makodam Pemka III Agimuga Fak-Fak (a. Boni Anaya, B. Kelik Kwalik). 4).       Makodam Pemka IV Wessel Meren Paniai (a. Yulius Goo, b. Tadius Yogi). 5).       Makodam Pemka V Merauke (a. Geraldus Tommi, b. Bernadus Mawen 6).       Makodam Pemka VI Teluk Cenderawasih Biak, serui (a. Paulus Walikar, b. Abnel Maii). 7).       Makodam Pemka VII Manakwari, sorong  (a…………….,b………………….)

Tujuh Komando roda Revolusioner Papua Barat ini mulai berputar tanggal 2 Januari 1980. Sejarah singkat Makodam Pemka IV Wessel Meren Paniai (a. Yulius Goo, b. Tadius Yogi) tiba di pangkalan pada tanggal 22 Oktober tahun 1981 pecalah perang grilya

Paniai Enarotali di bawah pimpinan Mayor kepala staf markus Kabouda Gobay mulai saat itu di kejar-kejar oleh   ABRI NKRI sampai dengan tahun 2000. Dari tahun 2000 sampai dengan 2012 rakyat Papua Barat banyak membentuk komponen dalam negeri maupun luar negeri.

Tawaran-tawaran dari NKRI melalui: Otonomi Khusus, Pemekaran dan UP4B, kami tolak. Kami tahu bahwa, Daratan Pulau Papua adalah milik Kami orang Papua, bukan milik Kolonial Indonesia, mereka datang Papua untuk Membunuh kami dan Merampas kekayaan alam kami. Kami mintah Presiden Sby-Budiono Segerah mengakui kedaulatan Negara West Papua. Karena Kemerdekaan Ialah Hak Segala Bangsa. Kami rakyat Papua dan Tpn-Opm Mengenal Bahwa  atas Nama Bangsa Papua dan Alam Papua telah  Merdeka, Sejak 1 desember 1961 itu sudah sah.

Di keluarkan dari Devisi II Makodam Pemka IV Paniai.
 Merangkap Anggota Dewan Revolusioner
 Papua Barat Malanesia Nation.
PADA TANGGAL : 01 Mei 2012


Jhon M. Yogi
Pimpinan   TPN-OPM
 
 
 
 
 
Sumber: EDUDANEWS
 
 
 
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya