.
» » » Masih Ada Distrik di Papua belum Punya Sekolah

Masih Ada Distrik di Papua belum Punya Sekolah

Penulis By on Tuesday, 17 July 2012 | No comments

Sekolah di papua(fotodata.dkp-papua.info)
JAYAPURA -- Masih ada beberapa distrik di Kabupaten Yahukimo yang ternyata belum memiliki sekolah.

Padahal, kebijakan pendidikan gratis sudah berjalan sejak berlakunya Undang-Undang Otonomi Khusus sejak 2001 dengan dana triliunan rupiah.

Asisten II Sekretaris Daerah Papua Elly Loupatty menyebutkan hal itu di Jayapura, Senin (16/7). Diakuinya, distrik yang sama sekali tidak memiliki sekolah itu berada di wilayah pegunungan Papua.

Namun, seharusnya itu tak boleh menjadi alasan. Apalagi dengan dana besar yang ada di Papua. "Saya tidak tahu persis nama distriknya, tapi daerahnya terisolasi di Kabupaten Yahukimo," ucapnya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Pengajaran Provinsi Papua James Modow membenarkan adanya distrik di Yahukimo yang belum memiliki sekolah.

"Distrik yang tak memiliki sekolah itu terdiri dari 70 kampung. Tak ada sekolah sama sekali, baik itu tingkat dasar, menengah, dan atas," kata James.

James Modouw beralasan, ketiadaan sekolah di sana lebih diakibatkan kondisi geografis dan topografi kedaerahan yang sangat sulit. Ditambah lagi jarak antara kampung juga berjauhan.

"Strategi kami hanya dengan membuat sekolah kecil serta mengirim relawan guru. Kami buat sekolah kecil dengan belajar tiga tahun. Setelah tiga tahun para murid tersebut dikirim ke distrik yang ada sekolah dan ditempatkan di asrama," terang James. (MC/OL-5)

Penulis : Marcel Kelen (MICOM)

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya