Home » , » Potensi SDM Olahraga Papua Belum Optimal Diolah

Potensi SDM Olahraga Papua Belum Optimal Diolah

MERAUKE - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Papua meminta pengurus KONI kabupaten/ kota dan pengurus cabang-cabang olahraga di Papua, meningkatkan pembinaan olahraga di setiap daerah. Papua memiliki potensi besar sumber daya manusia pada bidang olahraga yang belum dioptimalkan.  

Ketua Harian KONI Papua, HE Mackbon, di Merauke, Selasa (20/11/2012), mengatakan, "Potensi ini bisa dioptimalkan agar mampu bersaing di tingkat nasional dan internasional." Ia mengemukakan itu pada acara Pengukuhan dan Pembekalan Penguru s KONI Kabupaten Merauke Tahun 2012-216 di Merauke, Selasa (20/11/2012).

Mackbon mencontohkan, pada gelaran Pekan Olahraga Nasional di Riau 2012, atlet Merauke menyumbangkan tiga medali emas untuk Papua yakni cabang tinju wanita, binaraga, dan lempar lembing.
Karena itu, pengurus KONI kabupaten/kota di seluruh Papua diminta meningkatkan pembinaan olahraga di masing-masing wilayah tugas untuk mencapai prestasi pada berbagai cabang olahraga.

Mackbon menyatakan, ada sejumlah KONI kabupaten lain di Papua saat ini cenderung tidak serius melakukan reorganisasi sehingga menghambat pembinaan olahraga. "Kita mengharapkan pembinaan olahr aga akan terus ditingatkan," katanya.

Wakil Bupati Merauke, Sunarjo, mengatakan, putra-putri Marind (masyarakat asli Papua di Merauke), memiliki potensi olahraga yang sangat besar khususnya di bidang atletik. Selama ini, diakuinya, potensi itu belum diolah dengan baik.

Karena itu, Surnarjo meminta pengurus baru KONI Merauke dan pengurus cabang-cabang olahraga turun ke kampung-kampung, untuk manjaring bibit-bibit unggul dan meningkatkan pembinaan atlet.

Penulis: Agus Mulyadi
Sumber: Kompas.com


Share this video :

0 komentar:

Post a Comment

 
Copyright © 2013. RASUDO FM DOGIYAI - All Rights Reserved

Distributed By Free Blogger Templates | Lyrics | Songs.pk | Download Ringtones | HD Wallpapers For Mobile

Proudly powered by Blogger