.
» » » Bank Papua Kini Hadir Di Yogyakarta

Bank Papua Kini Hadir Di Yogyakarta

Penulis By on Wednesday, 19 February 2014 | No comments

Jogja - Kepedulian terhadap pendidikan sebagai pondasi untuk mencerdaskan bangsa serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat merupakan salah satu fokus utama Bank Papua hadir di Yogyakarta.

Kantor Cabang Bank Papua yang berada di kompleks Ruko Raflesia Babarsari Depok Barat Sleman merupakan kantor cabang ke-lima di luar propinsi Papua dan Papua Barat dari total 165 jaringan kantor di seluruh pelosok Nusantara.

Pilihan Yogyakarta sebagai lokasi baru menurut Direktur Utama Bank Papua Johan Kafiar, SE. MM, banyak warga Jogja di Papua berkontribusi membangun Bumi Papua, sehingga pihaknyapun berupaya untuk bisa hadir di Yogyakarta, sebagai imbal balik hubungan baik tersebut, turut berpartisipasi menyediakan modal usaha terutama bagi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang berkembang secara dinamis di Jogja.

Sasaran yang akan dicapai Bank Papua di tahun 2014 adalah menjadi BPD Regional Champion, dan untuk itu pihaknya telah mencanangkan tiga pilar utama yakni ketahanan kelembagaan yang kuat, kemampuan Bank sebagai Agent of Regional Development serta kemampuan dalam melayani kebutuhan masyarakat.

Bermodalkan 10,9 Trilyun Rupiah di tahun 2010 maka memasuki tahun 2014 ini modal tercatat menjadi 17,8 Trilyun rupiah. Mengingat luasnya bumi Papua seluas tiga kali pulau Jawa dengan demografi penduduk yang sedikit namun terpencar, maka hal itu menjadi salah satu tantangan tersendiri untuk menekan Net Interest Margin (NIM) dari 7 % menjadi 5,5 % di tahun 2014.
Dari indikator pencapaian Regional Champion tersebut, pihaknya terus mengupayakan menaikkan modal inti minimal sebesar satu trilyun rupiah di tahun 2014 dan memiliki rasio Return On Assets (ROA) minimal 2,5 %.

Sebagai Agent of Regional Development, Bank Papua mengacu pada pertumbuhan kredit minimal 20 % per-tahun dan portofolio kredit produktif menjadi minimal 40 % di tahun 2014. Kemudian untuk rasio Loan To Deposit (LDR) di tahun 2014 berada pada level 78 hingga 100 %. Sedangkan pada penghimpunan dana msyarakat di luar dana Pemerintah Daerah sebesar 70 %.

Kini seluruh Kantor Cabang Bank Papua dengan 2400 karyawan, sudah menerapkan layanan On Line dan Electronic Banking System, dengan 248 ATM yang tersebar di seluruh Indonesia dan layanan ATM Bersama guna mempermudah akses bagi masyarakat, sesuai misi sebagai Bank yang berdaya saing tinggi dengan layanan prima dari sebuah bank komersial yang unggul dan terpercaya.

 RRI-Jogja



Baca Juga Artikel Terkait Lainnya