.
» » Listrik Akan Mengaliri Yaro & Makimi, Bupati Himbau Masyarakat Jangan Malas Bayar Listrik

Listrik Akan Mengaliri Yaro & Makimi, Bupati Himbau Masyarakat Jangan Malas Bayar Listrik

Penulis By on Monday, 10 February 2014 | No comments


Bupati Nabire Isaias Douw - (foto tabloidjubi)
Nabire - Bupati Nabire, Isaias Douw, S.Sos, dalam pertemuan informal bersama warga pesisir di Makimi sabtu kemari (8/2) mengatakan, listrik di wilayah Distrik Makimi akan segera menyala 24 jam dalam waktu yang tidak terlalu lama.

“Kami terus berupaya agar semua warga Nabire, baik kota maupun luar kota mendapatkan penerangan listrik 24 jam. Tahun lalu saya telah memastikan untuk Distrik Wanggar sudah menyala 24 jam, tahun ini Distrik Makimi dan Distrik Yaro,” tuturnya disambut tepuk tangan warga.

Lebih lanjut kata Isaias, pemasangan listrik itu tugas PLN, tetapi PLN Nabire tidak mampu sendiri. Maka, kata dia, pemerintah daerah turun tangan bersama PLN untuk memastikan semua warga yang bisa dijangkau agar mendapatkan listrik 24 jam.

“Masyarakat minta listrik nomor satu, tapi malas bayar. Saat ini warga Nabire masih belum membayar sekitar Rp5 milyar rupiah. Ini bisa berakibat pada operasional PLN. Maka, saya harap semua warga diusahakan menggunakan meteran pulsa agar kalau pulsa habis otomatis mati,” kata Bupati.

Bupati juga menghimbau agar warga membiasakan diri untuk menghemat listrik. “Ya hemat-hematlah listrik, kalau tidak mau habis cepat dan bayar mahal. Sebenarnya, hemat listrik itu bukan hanya karena takut pulsa habis cepat, tetapi juga ikut menghemat energi dunia dalam kaitan dengan pemanasan global,” katanya.

Bupati menambahkan, selama ini ia berusaha untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan dasar masyarakat di wilayah-wilayah luar kota, terutama fasilitas umum jalan, listrik, air bersih, transportasi, telekomunikasi dan lainnya.

“Saya yakin masyarakat kita bisa berkembang kalau fasilitas umum itu tersedia,” tuturnya.

“Daerah-daerah yang paling jauh seperti di pulau-pulau dan pegunungan terus diupayakan penerangan dengan bantuan cahaya matahari berupa sollarcell,” kata Isaias.

Di tempat terpisah, Kepala Distrik Makimi, Saverius Tebay mengatakan, saat ini ia bersama pihak PLN telah melakukan sosialisasi tentang listrik kepada kepala-kepala kampung di Distrik Makimi.

“Listrik akan segera menyala di enam kampung, maka sebelum itu saya bersama kepala PLN sudah lakukan sosialisasi tentang penggunaan dan segala hal tentang listrik pada tanggal 31 Januari 2013 lalu,” .katanya (Saverius Tebay)


Baca Juga Artikel Terkait Lainnya