.
» » » Polda Papua Kecam KNPB yang Rampas Senjata Polisi

Polda Papua Kecam KNPB yang Rampas Senjata Polisi

Penulis By on Sunday, 22 March 2015 | No comments

JAYAPURA, – Kepolisian Daerah Papua membenarkan insiden perampasan senjata milik Kepala Satuan Intelkam Polres Yahukimo saat pembubaran aksi penggalangan dana Komite Nasional Papua Barat (KNPB).

Penggalangan dana dilakukan di Dekai, Kabupaten Yahukimo, Kamis (19/3/2015). Dalam kejadian ini, sejumlah warga sipil terluka akibat penyerangan yang dilakukan oleh ratusan massa KNPB yang tidak terima posko aksi penggalangan dana mereka dibongkar aparat.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Papua, Kombes Patrige Renwarin, mengatakan bahwa aksi perampasan senjata api tersebut berlangsung sekitar pukul 10.00 WIT ketika aparat Kepolisian Resor Yahukimo berusaha melakukan pendekatan persuasif untuk membubarkan aksi KNPB.

Menurut Patrige, aksi penggalangan dana KNPB yang sudah berlangsung beberapa hari di Kompleks Ruko Putra Daerah, Blok C di Dekai, Kabupaten Yahukimo sudah meresahkan warga. Kasat Intelkam Polres Yahukimo, Ipda Budi Santoso, yang mencoba melakukan negosiasi dengan massa, justru diserang anggota KNPB dengan batu dan panah.

“Massa yang menolak kehadiran polisi lalu menyerang Ipda Budi Santoso dengan batu dan panah. Dalam pengeroyokan ini, senjata revolver taurus milik Budi Santoso dirampas,” jelas Patrige melalui telepon selulernya, Kamis malam.

Melihat pengeroyokan ini, jelas Patrige, anggota Dalmas Polres Yahukimo dibantu anggota Brimob BKO Polda Papua langsung melepaskan tembakan peringatan membubarkan massa.

“Aparat langsung mengevakuasi Ipda Budi Santoso yang mengalami luka serius ke RSUD Yahukimo,” ungkap Patrige.

TRIBUNNEWS.COM
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya