Home » , , , » Demo akibat Seringnya Pemadaman Listrik Oleh PLN

Demo akibat Seringnya Pemadaman Listrik Oleh PLN

Jayapura – Puluhan masyarakat yang menamakan dirinya dengan Masyarakat Peduli Pelayanan Publik (MP3) melakukan demo terhadap PT. PLN Wilayah Papua dan Papua Barat (WP2B).

Aksi demo damai merupakan bentuk kekecewaan masyarakat terhadap pemadaman listrik yang sering terjadi akhir-akhir ini, hal ini sangat berdampak buruk terutama untuk pengguna barang-barang elektronik yang rusak akibat seringnya terjadi pemadaman listrik.

“gara-gara listrik mati-menyala terus, barang-barang elektronik di rumah rusak, padahal untuk pembayaran tagihan listrik, kita selalu bayar tepat waktu”, ungkap salah seorang pendemo.

Sebelum menuju ke PT.PLN rombongan pendemo ini berkumpul di Taman Imbi dengan membawa spanduk yang bertuliskan “Masyarakat Peduli Pelayanan Publik Menuntut Hak Sebagai Konsumen PT. Perusahaan Lilin Negara”, dan selanjutnya melakukan aksi Long March menuju ke Kantor PT.PLN WP2B.

Setibanya di kantor PT. PLN WP2B puluhan masyarakat ini langsung memulai orasinya, kelompok yang diketuai oleh Stenly Kaisiri dalam orasinya menyampaikan pihaknya menginginkan adanya  penyampaian dari PT. PLN kepada seluruh masyarakat Kota Jayapura perihal pemadaman listrik yang sering terjadi bahkan dalam sehari terjadi tiga kali pemadaman listrik.

“Terjadi pemadaman listrik 3-4 kali dalam sehari, ini semua ada apa ? seharusnya PLN terbuka kepada masyarakat karna kami konsumen di Kota Jayapura sangat banyak yang dirugikan”, Tegas Stenly.

Dikatakan, masyarakat jangan dikorbankan oleh sistem atau program-program yang tidak benar, sistem yang dibangun oleh PLN harusnya masyarakat yang diutamakan sebab masyarakat merupakan konsumen.

“Siapa saja yang berada di Kota Jayapura harus mendapatkan pelayanan yang baik dari PLN, apalagi listrik ini menyangkut hajat hidup orang banyak dan sifatnya sangat penting sekali bagi kehidupan masyarakat. Satu hari saja listrik mati bisa sangat berpengaruh terhadap aktivitas kami”, ungkapnya.
 
Stenly berharap dengan adanya aksi demo damai ini PT.PLN (persero) WP2P yang dilakukan oleh MP3 ini dapat memberikan dorongan kepada PLN untuk segera menentukan kebijakan-kebijakan terbaik untuk masyarakat.

Disisi lain General Manager (GM) PT. PLN (persero) WP2B Yohanes Sukrislismono menyampaikan bahwa kondisi listrik di Kota Jayapura dan Keerom sedang mengalami krisis, krisis ini disebabkan oleh masalah teknis yang kini mempengaruhi pasokan listrik ke masyarakat.

Yohanes mengakui krisis ini terjadi akibat beberapa mesin yang ada saat ini sedang dalam tahap perbaikan, kondisi inipun makin diperparah lagi dengan kurang maksimalnya pengoperasian PLTA akibat kurangnya debit air.

“Kami melihat beban daya listrik di Kota Jayapura sangat tinggi, dan sebenarnya kami sudah mengantisipasinya dengan memasang pembangkit lainnya seperti PLTA Orya dan PLTU Holtekamp yang mana masing-masing memiliki kapasitas 2 x 10 atau sama dengan 65 MW, menurut prediksi kami hingga hari ini daya yang dibutuhkan sekitar 100 MW”, Jelasnya.

Untuk PLTD yang digunakan saat ini hanya 2 yaitu PLTD Yarmork dengan daya sebesar 4,7 MW dan PLTD Waena dengan daya 50 MW. “Untuk normal kembali listrik akan hidup sekitar 4 jam, jadi sebelum beban naik listrik akan kami padamkan dengan menggunakan alat pengontrol. Pemadaman ini berdasarkan beban pada daerah tersebut tergantung pamakaian pelanggan, Kami berharap tanggal (26/05) ini, perbaikan mesin tua kami yang saat ini telah berumur 25 tahunan ini dapat beroperasi kembali sehingga dapat menambah sekitar 3-4 MW”. (Mi/PAPUANEWS.ID)
Share this video :

0 komentar:

Post a Comment

 
Copyright © 2013. RASUDO FM DOGIYAI - All Rights Reserved

Distributed By Free Blogger Templates | Lyrics | Songs.pk | Download Ringtones | HD Wallpapers For Mobile

Proudly powered by Blogger