.
» » » Hiu Paus Langka Mati Tertabrak KM Labobar di Papua

Hiu Paus Langka Mati Tertabrak KM Labobar di Papua

Penulis By on Sunday, 28 August 2016 | No comments

JAYAPURA - Seekor hiu paus langka dan dilindungi, mati akibat tertabrak Kapal Motor Labobar. Diduga hiu paus tersebut tertabrak di sekitar perairan Serui, Kabupaten Kepulauan Yapen saat kapal dalam perjalanan ke Jayapura.

Keberadaan hiu paus itu baru terungkap setelah KM Labobar berlabuh di perairan Jayapura. Para penumpang terkejut melihat hiu paus tersangkut di haluan depan kapal.

Hewan bernama latin rhincodon typus itu memiliki panjang kurang lebih empat meter dan kondisinya sudah mati. Ikan tersebut diperkirakan mati kurang lebih 24 jam karena badannya sudah bengkak dan membusuk.

Penanggung jawab karantina ikan pelabuhan laut Jayapura, Izaak Andrie, mengatakan, ini merupakan hiu paus yang dilindungi dan tergolong anakan.

"Kami telah berkoordinasi dengan Kapten Kapal Motor Labobar untuk membawa bangkai satwa tersebut ke laut lepas sehingga proses penguraiannya tak menimbulkan masalah," kata Izaak, Kamis (25/8/2016).

Di Papua, warga biasa menyebut hiu paus dengan sebutan gurano bintang. Satwa ini merupakan salah satu ikan terbesar di dunia, dengan ukuran terbesar mencapai 20 meter, sedangkan ukuran terkecil 55 sentimeter. Biasanya hiu paus ini ditemui di perairan Kwatisore, Papua Barat dan sekitarnya.
(ris) newsokezone
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya