Home » , » MARI PAHAMI MASALAH MENDASAR !

MARI PAHAMI MASALAH MENDASAR !



Dalam keseharian hidup, permasalahan kehidupan akan selalu ada bersama manusia karena manusia tercipta untuk menciptakan, menemukan dan memecahkan setiap permasalahan hidup di sekelilingnya. 

Masalah berawal ketika seseorang terlahir dan mengenal dunia dan berakhir bersama akhir hayatnya. Apapun yang terjadi di sekelilingnya adalah masalah yang harus dipecahkan agar menemukan solusi yang baik untuk keberlangsungan hidup selanjutnya.

Hubungan sebab akibat sangat identik dalam setiap permasalahan yang muncul, mulai dari permasalahan yang berskala kecil, sedang hingga besar. Sehingga dalam penyelesaiannya tergantung bagaimana seseorang memahami inti permasalahan, menganalisa dan menyimpulkankan agar menemukan keputusan yang memuaskan semua pihak.

Dalam konteks masalah yang terjadi akhir-akhir ini di Tanah Papua, perlu adalah pemberian pemahaman yang ekstra melalui berbagai cara pendekatan oleh dan didukung pemerintah ataupun lembaga tertentu misalnya MRP, DAP dll yang sejenisnya kepada setiap orang yang hidup di tanah Papua tanpa terkecuali agar secara sadar memahami baik dan benar apa yang menjadi inti
dan akar permasalahan dari setiap masalah sosial, politik, pendidikan, hukum dan HAM yang masih terdengar dan terjadi hingga saat ini.

Hal ini penting karena

1. Masa demi masa terlewat dengan berbagai masalah yang sama
2. Generasi demi generasi termakan lahar planet ini dengan berbagai masalah yang sama
3. Prinsip hidup acuh tak acuh, egois dan tidak peka terhadap alam dan sesama telah dan sedang         mendarah daging kepada setiap watak generasi muda Papua
4. Kebiasaan merasa sukses ketika sudah berada di zona aman mengakibatkan buta melihat akan segalanya
5. Kebiasaan berbagi cerita sejarah masa lampau oleh orang tua kepada anaknya semakin minim
6. Kebiasaan berbahasa daerah dianggap kuno dan ketinggalan oleh sesama generasi dll.

Sehingga dengan segelumit permasalahan mendasar yang terabaikan, generasi muda mendatang dipastikan hidup pada suatu kehidupan yang buta akan permasalahan mendasar bahkan identitas sebenarnya

Semuanya ini penting agar kedepan tidak terkesan hidup bagai air di daun talas yang tak berpendirian tetap, lupa akan identitas dan dasar permasalahan sesungguhnya.

Ditulis Oleh: Modhy Giyai
Share this video :

0 komentar:

Post a Comment

 
Copyright © 2013. RASUDO FM DOGIYAI - All Rights Reserved

Distributed By Free Blogger Templates | Lyrics | Songs.pk | Download Ringtones | HD Wallpapers For Mobile

Proudly powered by Blogger