Home » , » Lima aktifis Papua dipenjara, Menlu Australia diminta bertindak

Lima aktifis Papua dipenjara, Menlu Australia diminta bertindak

Diperbaharui 19 March 2012, 13:38 AEST
Menlu Australia yang baru, Bob Carr, diminta untuk memprioritaskan Papua setelah 5 aktifis dipenjara karena melakukan protes damai.

Presiden terpilih Papua Merdeka Forkorus Yaboisembut di luar pengadilan bulan lalu (Foto: West Papua Media)

Para aktifis itu dijatuhi hukuman penjara 3 tahun pada hari Jumat karena menaikkan bendera separatis dan menyatakan kemerdekaan Papua dalam protes damai bulan Oktober 2011.

Mereka yang dipenjara termasuk Forkorus Yaboisembut, presiden terpilih Papua merdeka, dan perdana menterinya Edison Waromi, serta Selpius Bobii, Dominikus Surabut dan August Kraar.

Anggota separatis Papua telah melakukan kampanye untuk kemerdekaan selama berpuluh-puluh tahun.
Warga Papua, yang kebanyakan berdarah pribumi Melanesia, menuduh pasukan militer Indonesia melakukan pelanggaran hak asasi manusia di daerah itu dan memprotes hampir semua keuntungan dari sumber daya mineral yang dihasilkan oleh Papua mengalir ke Jakarta.

Namun kemerdekaan Papua tidak diakui oleh Indonesia dan Australia sudah seringkali mengatakan pemerintahannya menghormati kedaulatan Indonesia atas Papua.

Menlu Australia Bob Carr baru saja bertemu dengan Menlu dan Menhan Indonesia minggu lalu. Namun, menurut senator partai hijau Richard Di Natale, Carr telah gagal membicarakan isu-isu kekerasan politik dan akses bagi jurnalis dan pemerhati ham di Papua.

"Adalah sebuah pertanda hubungan yang dewasa dengan Indonesia jika Australia bisa membicarakan isu-isu seperti ini. Sementara Australia menghargai hal-hal penting dalam hubungan bilateral kedua negara, seharusnya kita juga bisa membicarakan secara terbuka isu-isu yang mungkin membuat kedua negara tidak nyaman ketika membicarakannya," kata Di Natale.

Kelima aktifis Papua mengatakan mereka akan mengajukan banding.

 radioaustralia.net.au
Share this video :

0 komentar:

Post a Comment

 
Copyright © 2013. RASUDO FM DOGIYAI - All Rights Reserved

Distributed By Free Blogger Templates | Lyrics | Songs.pk | Download Ringtones | HD Wallpapers For Mobile

Proudly powered by Blogger