Home » » Membidik Ragam Fauna Papua dari Cagar Laut Teluk Cendrawasih

Membidik Ragam Fauna Papua dari Cagar Laut Teluk Cendrawasih

Oleh: Desi Puspasari 
 Keberagaman jenis burung dan hewan khas Papua lainnya seringkali menjadi daya tarik wisatawan. Nah, Cagar Laut Teluk Cendrawasih bisa jadi target Anda untuk mengintip kehidupan hewan-hewan penghuni Pulau Papua di alam bebas.

Banyak orang yang melirik kecantikan burung dan hewan Papua. Saking cantiknya, tak jarang wisatawan yang datang memotret hewan di alam bebas . Namun, karena keberadaannya yang berada di alam liar membuat keberadaan mereka sulit ditemui.

Nah, mengunjungi Cagar Laut Teluk Cendrawasih bisa menjadi pilihan tepat untuk membidik kegiatan hewan yang lucu-lucu. Diintip dari buku Pariwisata Nusantara, taman nasional seluas 14.300 kilometer persegi ini merupakan cagar laut terbesar di Indonesia. Bagaimana tidak besar, kawasan ini meliputi 18 pulau dan pantai sepanjang 500 km. Seluruh kawasan cagar laut ini menjadi habitat berbagai jenis burung dan astwa laut, seperti remis raksasa, kura-kura, dan dugong.

Taman laut yang terletak di Kabupaten Teluk Wondama dan Kabupaten Nabire ini fungsi sebagai perlindungan untuk hewan-hewan yang hidup di dalamnya. Kawasan yang membentang dari Kepulauan Auri sampai Pulau Rumberpon ini memang sangat indah, baik dari kehidupan darat ataupun lautnya. Ya, Papua memang masih sangat alami dengan semua pesona dan kekayaan alam, flora, dan faunanya.

Di kawasan yang juga dikenal dengan nama Taman Nasional Laut Teluk Cendrawasih dihuni oleh beberapa ekosistem besar, seperti daratan pulau, pantai, dan perairan laut. Alam bawah laut dan dataran memang sama indahnya. Semuanya mengandung keindahan alam yang mampu menghipnotis wisatawan yang datang.

Bukit-bukit hijau yang mengelilinginya, serta dermaga kecil yang masih terjaga menjadi latar belakang Cagar Laut Teluk Cendrawasih. Di sepanjang pesisir pantainya terdapat hutan mangrove. Bila beruntung Anda bisa melihat burung-burung cantik asli Papua yang sedang bermain dan mencari makan. Tidak hanya itu, Anda juga bisa merasakan sejuknya angin pantai sambil menyusuri pantainya yang masih bersih.

Tidak mau kalah dengan daratan, alam bawah laut Teluk Cendrawasih ini menyediakan banyak lokasi penyelaman dengan keindahan yang sangat mengesankan. Terumbu karang, dugong, dan ikan-ikan yang berwarna-warni menjadi penghuni yang cantik-cantik.

Namun, ada informasi yang harus Anda ingat. Sebelum berangkat dan melakukan aktivitas di taman nasional ini, wisatawan harus mendapat izin terlebih dahulu dari pengelola atau pemerintah daerah setempat. Memang sih agak sulit, tapi ini juga untuk keselamatan diri sendiri.







 travel.detik.com
Share this video :

0 komentar:

Post a Comment

 
Copyright © 2013. RASUDO FM DOGIYAI - All Rights Reserved

Distributed By Free Blogger Templates | Lyrics | Songs.pk | Download Ringtones | HD Wallpapers For Mobile

Proudly powered by Blogger