Home » » Pemilukada Putaran Kedua, Tunggu Audit BPK Selesai

Pemilukada Putaran Kedua, Tunggu Audit BPK Selesai

Sentani – Proses tahapan Pemilukada Kabupaten Jayapura putaran ke dua akan dilaksanakan setelah Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) setempat melaporkan hasil Pemilukada putaran pertama kepada KPU Pusat di Jakarta. 

Demikian kata Ketua KPU Kabupaten Jayapura Izhak Hikoyabi kepada media, diruang kerjanya, pekan kemarin. “Untuk pemilukada putaran kedua saat ini, kami akan berkoordinasi dengan KPU Provinsi, untuk melaporkan pemilukada putaran pertama kepada KPU Pusat yang baru dilantik 12 April lalu,” ujar Izak. Namun, saat ini, KPU Provinsi tengah berada di Jakarta dan pihaknya akan menyusul ke Jakarta, sekaligus melakukan silahturahmi, lalu setelah pulang dari pertemuan ini baru disusun jadwal pelaksanaan pemilukada putaran kedua. 

Sementara itu dari hasil putusan MK tentang semua gugatan yang telah diputuskan MK bahwa Pemilukada Kabupaten Jayapura sah, MK belum menyurati KPU untuk memulai tahapan Pilkada putaran kedua. “Saat ini KPU sedang melakukan koordinasi dengan KPU Provinsi dan KPU Pusat, yang mana nantinya jadwal tahapan putaran kedua itu sudah terjadwal seperti yang diatur dalam Peraturan KPU No. 13 Tahun 2010,” jelas dia. 

Selain itu, pihaknya juga telah menerima surat dari Bupati yang isinya tentang pemeriksaan dana Pemilukada putaran pertama yang akan di audit oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) perwakilan Papua. “Saat ini kami sedang diaudit menyangkut dana Rp. 13 Miliar yang dipakai pada pemilukada putaran pertama, semua dana ini harus dilaporkan proses penggunaannya, karena ini uang rakyat 1% pun tidak boleh lolos,” katanya. Lanjut dia, audit ini akan berlangsung selama satu bulan yakni 2 April – 2 Mei 2012. Pihaknya optimis hasil audit ini memperoleh predikat opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP). “Laporan keuangan ini sangat penting, kami juga tidak mau ada tunggakan,” pungkasnya. (Ew/Ism/Sn) 

[ sentaninews ]
Share this video :

0 komentar:

Post a Comment

 
Copyright © 2013. RASUDO FM DOGIYAI - All Rights Reserved

Distributed By Free Blogger Templates | Lyrics | Songs.pk | Download Ringtones | HD Wallpapers For Mobile

Proudly powered by Blogger