.
Selamat Datang di Portal Radio Suara Dogiyai Fm

HIPMAPA SEMARANG: KEMENANGAN BERY BERNARD BOMA DORONG SATU TUGU SATU HONAI, DIKALANGAN PELAJAR MAHASISWA PAPUA SEMARANG!

Bukan pantai, bukan gunung bukan pendatang tapi semua anak bangsa Papua, demi satu tugu satu honai
HIPMAPA Semarang : pada tanggal 23 Juni 2012 bertempat di asrama Papua jalan Sriwijaya, tepat pukul 03.00 wib telah mengadakan pemilihan ketua Himpunan Pelajar Mahasiswa Papua Semarang (HIPMAPAS). Peserta yang hadir dalam acara tersebut adalah pelajar dan mahasiswa Papua serta senioritas yang berdomisili di Semarang.

Pada bulan Maret yang lalu masa kepemimpian BPH HIMPAS telah selesai dan sepenuhnya diserahkan kepada badan formatur. Badan formatur dibentuk ketika masa kepengurusan BPH lama selesai. Badan formatur dibentuk untuk menyukseskan pemilihan dan pelantikkan ketua BPH-HIPMAPAS baru. Banyak kegiatan yang dilakukan oleh badan formatur antara lain: revisi AD ART, cari dana untuk menyukseskan pemilihan dan pelantikkan dan lain sebagainya.

Ada beberapa paguyubang yang ada di Semarang yakni Wamena, IPMANAPANDODE, Nguda, IPMAMI, YUMAMERIS Lanny Jaya dan lain-lain. Dari setiap paguyubang mengajukan 2 (dua angota) untuk maju sebagai calon ketua HIPAMAS.

Ada lima orang yang maju sebagai calon ketua HIPMAPAS. Nama-nama calon ketua HIPMAPAS yakni:
  1. Yance Gobay dengan nomor urut 01 dari paguyungan IPMANAPANDODE dengan visi misinya mempererat persaudaraan antar paguyubang serta masyarakat yang ada di Semarang dan menyalurkan bakat dan minat melalui organisasi yang ada. Misinya mengoptimalkan kegiatan organisasi HIPMAPAS  dengan mengembangkan nilai-nilai religius dam cultural di tengah masyarakat.
  2. Andi Kalolik dengan nomor urut 02 dari  paguyubang Wamena. Dengan visinya menjaga harkat dan martabat pelajar dan martabat mahasiswa Papua Semarang. Misinya membangun persatuan dan kesatuan orang Papua yang ada di Semarang yang solid demi Papua di hari yang akan datang
  3. Bery Bhernarhd Boma dengan nomor urut 03 dari Paguyubang IPMANAPANDODE dengan visinya HIPMAPAS sebagai organisasi kekeluargaan yang optimal dalam bekerja maka dijadikan sebagai wadah pembelajaran dan pengembangan diri.
  4. Mailes Dhani Wenda dengan no urut 04 dari paguyubang Wamena. Dengan visinya membentuk kepribadian pelajar dan mahaiswa/i Papua yang tangguh dan berkarakter. Misinya saling mengenal satu sama yang lain melalui kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh HIPMAPAS.
  5. Alinus Tabuni dengan nomor urut 05 dari paguyubang Puncak Papua. Dengan misinya membangun masyarakat Papua Semarang secara damai dan sejahtera. Misinya mewujudkan solidaritas dan kebersamaan antara warga setempat  dengan masyarakat Papua.
Ketika diwawancari dengan Ketua badan FORMATUR Dujan Kogoya. Hambatan yang dialami selama persiapan pemilihan ketua BPH-HIPMAPAS adalah kurangnya partisipasi dari seluruh pelajar dan mahasiswa Papua Semarang. Kurangnya partisipasi yakni melalui kegiatan-kegiatan serta kurang memberikan sumbangan yang sudah ditentukan oleh badan formatur.

Adapun hambatan yang dialami oleh tim formatur bahwa waktu. Waktu yang ditetapkan oleh tim badan formatur untuk pemilihan dan pelantikkan tertunda karena situasi Papua serta ketabrakan dengan kegiatan-kegiatan dari paguyubang.

Lanjut mantan ketua BPH-HIPMAPAS periode 2007-2009, harapannya bahwa kedepan perlu ada partisipasi atau dukungan dari semua paguyubang dan senioritas “paparnya Kogoya dengan nada kesal”.
Lanjut alumin UTANG ini, menyatakan bahwa semoga pelantikkan juga bisa sukses dengan baik. Kami akan undang seluruh pengurus yang ada di setiap kota study se-Jawa dan Bali serta Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan BEM kampus yang ada di Semarang untuk menghadiri acara pelantikkan “tegasnya ”.

harapan dari badan formatur  terhadapan organisasi BPH-HIPMAPAS bahwa  kedepan harus lebih baik dan aktif menjalankan kegiatan-kegiatan dari HIPMAPAS. Kordinasi dan komuni kasih perlu ditingkatkan dalam interen HIPMAPAS. Kerja sama antara BPH dan paguyubang perlu ditingkatkan. HIPMAPAS adalah wadah pemersatu dari semua etnis yang ada di tanah Papua. Sehingga  diharapkan kepada seleuruh pelajar dan mahasiswa yang ada di Semarang harus rasa memiliki terhadap HIPMAPAS karena HIPMAPAS didirikan untuk mempersatukan.

Dengan melihat kondisi yang terjadi di Papua dari tahun ke tahun selalu ada perubahan secara signifikan. Baik perubahan dalam bidang politik, ekonomi, pendidikan, kehidupan masyarakat zaman-ke zaman dan lain sebagainya. Perubahanan secara signifikan ini tidak bisa dikenalikan oleh siapapun. Dengan demikian, perubahanan tersebut berpengaruh besar pada kehidupan masyarakat yang mendiami di tanah leluhur yaitu tanah bumi cendrawasih.

Lanjut ketua badan formatur ini, Mewakili badan formatur mengucapkan banyak terima kasih kepada Tuhan semoga semua kegiatan berjalan baik dan lacar, biarpun ada halangan tapi tidak mempengaruhi kegiatan yang lain. Tak lupa juga kepada BINTERBUSIH, paguyubang serta Senioritas Papua yang mana memberikan dukungan sehingga acara bisa berjalan baik dan lacar.

Di tempat terpisah, ketua baru BPH-HIPMAPAS Bery Bernard Boma menyatakan bahwa bahagia, senang dan terima kasih kepada seluruh pelajar dan mahasiswa yang ada di Semarang untuk dipercayakan saya menjadi ketua BPH selama 2 (dua) tahun kedepan.

Disela-sela makan, Frans Wakum menyatakan bahwa selamat kepada pengurus baru. Jangan menyesal kepada yang tidak terpilih, berjuang dan bekerja keras karena kesempatan selalu ada.

“Lanjut senior” oragnisasi untuk belajar jadi jangan malu bertanya kalau ada persoalan atau hambatan.
“Menurut Wakum”  datang ke Semarang untuk menimbah ilmu jadi gunakanlah kesempatan ini karena kesempatan datang hanya sekali. Tinggalkan tingka laku yang jelek untuk menjaga nama baik Papua. Kita datang ke Semarang diutus oleh tanah Papua, keluarga serta kampung halaman “dengan nada yang tegas”.
“lanjut pembina asrama Papua ini” kebersamaan sangat diperlukan karena didalam ada persaudaraan ada kebersamaan. Orang Papua adalah rambut kritin, kulit hitam maka janganlah membeda-bedakan antara dari pantai dan dari gunung karena hakekatnya satu adalah orang Papua.
“harapan Frans” bahwa Menyatukan presepsi kita demi tanah Papua. Jangan menjadi penghancur bagi tanah Papua tetapi membawa perubahan bagi tanah Papua. Saat ini, tanah Papua merinduhkan perubahan. Pulang ke Papua jangan menjadi lawan tetapi kawan dan membangun relasi antar sesama.
Beny Gobay sebagai peserta yang hadir dalam pemilihan ketua HIPMAS menyatakan bahwa senang karena baru pertama kali ikut kegiatan seperti saat ini.

“harapan Beny” bahwa harus ada kerja sama dengan pemerintah provinsi Papua dan pemerintah provinsi JATEN. Membangun kerja sama antar sesama mahaiswa.

Selamat kepada Bery Bernard Boma terpilih sebagai ketua BPH-HIPMAPAS periode 2012-2014, semoga membawa perubahan. Dengan HIPMAPAS ini, mempersatukan pelaajar dan mahaiswa dari perbagai hal yang memisahkan dengan istilah pantai dan gunung. Mari menghapus segala istilah yang bermunculan dikarangan mahasiswa maupun karangan masyarakat. Mahasiswa adalah tulang punggung untuk merubah Papua. (cp/ Amoyeyoka Marselino Tekege)

 Sumber: CP (Cermin Papua)
Share this post :

PAPAN PENGUMUMAN

.

Statistik Blog

 
Support : Disclaimer | Privacy Policy | Kontak Kami | Forum Diskusi | Site Map | Tentang Kami
Copyright © 2017. RASUDO FM DOGIYAI - All Rights Reserved
Template by Cara Gampang Modified by dzulAceh
Proudly powered by Blogger