Home » , » Taman Budaya Expo Papua Mau Digusur

Taman Budaya Expo Papua Mau Digusur

Taman Budaya Expo Papua
JAYAPURA--Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Papua, Wim CH Rumbino, mengatakan kompleks unit pelaksan teknis (UPT) Taman Budaya Expo di kelurahan Waena, Distrik Heram, Kota Jayapura akan digusur dan dibangun kembali infrastrukturnya pada 2013.

"Kami akan menggusur kompleks Taman Budaya Expo-Waena, kemudian ditata kembali dan akan diperuntukan sesuai dengan nama dan fungsinya pada tahun depan," kata Rumbino di Jayapura, Papua, Rabu.

Menurut dia dari hasil pengamatan dan laporan yang didapatkanya, kompleks UPT taman budaya yang tepat bersebelahan dengan Museum Negeri Papua itu sudah terlihat kumuh dan jauh dari perawatan, sehingga kompleks itu sudah tidak berperan sesuai fungsinya lagi.

"Selama ini kompleks taman budaya ditempati warga dari berbagai kabupaten yang memiliki bangunan/gedung di dalamnya, tetapi kami sudah surati semua kabupaten," katanya.

Kemudian, lanjutnya, mereka merespon dengan baik, termasuk kesediaan dari warga yang saat ini masih bermukim di tempat itu agar mengosongkan areal tersebut.

Lebih lanjut Rumbina mengatakan kompleks taman budaya merupakan salah satu aset milik pemerintah provinsi Papua yang harus dikelola dengan baik, sehingga bisa digunakan sesuai dengan kegunaanya.

Ia memberikan contoh, menjadikannya sebagai tempat pagelaran seni dan budaya dari berbagai kabupaten yang ada di Papua, atau bagian dari promosi seni dan budaya Papua kepada para wisatawan.

"Hal ini tidak bisa dibiarkan lagi karena itu (taman budaya) merupakan aset penting yang dimiliki Pemerintah Provinsi Papua. Untuk itu, sesuai dengan program kami, tahun depan akan dikelolah secara baik, agar aset seni dan budaya Papua bisa ditampilkan di tempatnya," katanya.

Terkait rencana tersebut, lanjut Rumbino, pihaknya sudah melakukan komunikasi dengan pihak ketiga (pengusaha) yang bersedia untuk membangun kembali taman budaya yang komprehensif.

Hal itu agar setelah selesai penggusuran, akan ditata kembali lokasi itu sehingga dapat memberikan manfaat yang besar bagi promosi seni dan budaya Papua. "Sampai saat ini, hanya Pemerintah Kabupaten Manokwari (Papua Barat) yang merespon surat kami, sementara kabupaten lainnya belum memberikan tangg


Sumber : ANT
Share this video :

0 komentar:

Post a Comment

 
Copyright © 2013. RASUDO FM DOGIYAI - All Rights Reserved

Distributed By Free Blogger Templates | Lyrics | Songs.pk | Download Ringtones | HD Wallpapers For Mobile

Proudly powered by Blogger