Home » , , » 150 Bayi Papua Tertular HIV-AIDS

150 Bayi Papua Tertular HIV-AIDS

Jayapura – Pada 2012, sebanyak 150 bayi di bawah umur lima tahun di Papua terinfeksi HIV-AIDS. “Mereka tersebar di sejumlah daerah di Papua dan rata-rata mereka tertular dari orang tuanya,” kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua, Josef Rinta, Senin, 17 Desember 2012.

Menurut Josef, sebenarnya kalau para bayi ini masih dalam tahap HIV, bisa dibantu dengan vaksin. Namun, kalau sudah terjangkit AIDS, jelas kekebalan tubuhnya sudah benar-benar hancur. “Ratusan bayi itu bukan saja hanya mengidap HIV, tapi juga AIDS,” katanya.

Sebenarnya, menurut Ketua Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Papua, Constant Karma, para ibu yang terinfeksi HIV-AIDS dan sedang mengandung, harus ikut program prevention of mother to child transmission of HIV (PMTCT) atau program pencegahan penularan HIV dari ibu ke bayi. Sayangnya, menjalankan progam ini tak mudah. Sebab, “Ada banyak hambatan yang mempengaruhi, seperti biaya dan jarak atau letak geografis Papua,” kata Constant, yang juga penjabat Gubernur Papua, Senin, 17 Desember 2012.
Jumlah penderita virus mematikan HIV-AIDS di Papua terus meningkat dari tahun ke tahun. Jika tahun sebelumnya jumlahnya di bawah 10 ribu jiwa, per Oktober di tahun 2012 ini telah mencapai 13 ribuan jiwa. “Sebanyak 98 persen penyebarannya melalui hubungan seks,” kata Josef.

Menurut Josef, peningkatan jumlah penderita HIV-AIDS di Papua terjadi akibat kesadaran masyarakat untuk memeriksakan dirinya semakin tinggi. Tapi, di sisi lain, peningkatan angka penderita HIV-AIDS ini akibat perilaku seks menyimpang dari masyarakat. “Perilaku gonta-ganti pasangan tanpa pengaman bisa jadi pemicu utama,” katanya.

Data dari KPA Provinsi Papua mengungkapkan, memasuki triwulan kedua atau per 30 September 2012, tercatat penderita HIV-AIDS di daerah itu mencapai 13.196 kasus. Daerah yang jumlah penderitanya tertinggi di Kabupaten Mimika sebanyak 2.823 kasus dan disusul Kota Jayapura sebanyak 2.666 kasus.

Sumber : http://www.tempo.co/read/news/2012/12/18/058448962/150-Bayi-Papua-Tertular-HIV-AIDS


TEMPO.CO







Share this video :

0 komentar:

Post a Comment

 
Copyright © 2013. RASUDO FM DOGIYAI - All Rights Reserved

Distributed By Free Blogger Templates | Lyrics | Songs.pk | Download Ringtones | HD Wallpapers For Mobile

Proudly powered by Blogger