Home » , » Tradisi Mahasiswa Papua Rayakan Natal di Perantauan

Tradisi Mahasiswa Papua Rayakan Natal di Perantauan

Makassar - Himpunan pelajar dan mahasiswa Papua menggelar perayaan Natal bersama di Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (24/12). Perayaan berlangsung semarak dan menarik karena disertai tradisi bakar batu.

Persiapan Natal dengan tradisi bakar batu itu dilakukan sejak pagi. Mereka membuat lubang dan membakar batu sampai panas membara. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Asrama Mahasiswa Papua di Jalan Lanto Daeng, Pasewang, Makassar.

Acara bakar batu merupakan acara memasak. Masakan menggunakan bahan berupa sayuran, umbi, dan daging babi, yang dimasukan ke dalam lubang dengan bantuan panas dari batu yang telah dibakar secara terpisah.

Sambil melaksanakan ritual bakar batu, para mahasiswa ini bersenandung dan mengeluarkan teriakan-teriakan khas. Usai melaksanakan tradisi bakar batu, kegiatan dilanjutkan dengan ibadat Natal.

Acara bakar batu merupakan ekspresi ungkapan syukur warga Papua dalam merayakan Natal. Mereka melaksanakan tradisi ini juga sebagai tanda syukur atas studi yang mereka jalani di tanah rantau.(TII/Metronews.com)
Share this video :

0 komentar:

Post a Comment

 
Copyright © 2013. RASUDO FM DOGIYAI - All Rights Reserved

Distributed By Free Blogger Templates | Lyrics | Songs.pk | Download Ringtones | HD Wallpapers For Mobile

Proudly powered by Blogger