Home » » ORANG PAPUA TIDAK PEDULI ANTARA SESAMA ORANG PAPUA

ORANG PAPUA TIDAK PEDULI ANTARA SESAMA ORANG PAPUA


 Dilihat dari perkembangan kehidupan pada zaman sekarang banyak orang asli papua yang tidak perduli antara kehidupan sesama orang papua asli dan mereka hanya peduli kepada warga papua pendatang, halini  di ungkapakan beberapa Mahasiswa Papua dari berbagai kota studi di jawa yang sedang berlibur ke kampung halamannya di Papua .

Lanjut mereka “Kekerasan antar warga papua ini dapat kita amati secara nyata dan ada pula yang takdapat kita lihat. Hal yang dapat dilihat dari beberapa perilaku nyata seperti, kata-kata kasar yang seringkali di lontarkan antar sesama masyerakat papua dan kerapkali juga tak luput dari kontak fisik antar warga papua sendiri. Bila di bandingkan prilaku orang papua kepada orang papua pendatang, warga papua menganggap mereka(non papua) ibarat dewa yang baru turun dari kayagan sampe-sampe harus tunduk dan bersujud untuk menghormati mereka ibarat mereka tidak mempunya satu kesalah pun”.

Kata mereka “Bangaimana kita orang papua bisa menjadi Tuan di daerah kita sendiri kalau kita sendiri tidak saling menghormati antar kita orang papua sendiri, menghargai usaha-usaha yang dilakukan oleh orang besar papua, menghargai hak kebebasan orang papua lain dan sebangainya”.

“Untuk mengatasi persoalan ini memang tidak mudah membalikan tangan karna hal ini sudah berlangsung sekian lama sampe hampir menjadi kebudayan orang asli papua, pada awalnya  dahulu orang papua ini di kenal dengan orang yang mempunyai rasa iba yang tinggi”.Ungkap mereka

Tetapi apakah persoalan ini dapat kita atasi? Jawabnya ya...!!, Mengatasi persoalan ini dapat kita mulai dari diri pribadi masing-masing hingga kepada keluarga kita masing-masing, tetapi membutukan proses waktu yang lama”. pangkas mereka (nick/rasdfm)
Share this video :

0 komentar:

Post a Comment

 
Copyright © 2013. RASUDO FM DOGIYAI - All Rights Reserved

Distributed By Free Blogger Templates | Lyrics | Songs.pk | Download Ringtones | HD Wallpapers For Mobile

Proudly powered by Blogger