You are here: Home »

PANIAI: KONTAK SENJATA TPN-OPM VS TNI-POLRI 2 ANGGOTA TNI DI TEMBAK, 3 WARGA SIPIL TANGKAP DAN 3 MESIN PERAHU JONSON DI RUSAK POLISI

RASUDOFM DOGIYAI Selasa, 26 Februari 2013 , , , , 0

Ilustrasi@umaginews.com
PANIAI -- GriliawanTentara Pembebasan Nasional-Organisasi Papua Merdeka  (TPN-OPM) Wilayah Paniai melawan Aparat Gabungan Tentara Nasional Indonesia dan Kepolisian Republik Indonesi (TNI-POLRI) Dua anggota TNI dari Batalyon 753  mengalami luka tembak akibat diserangan tersebut.

Menurut  Tpn-Opm melalui Pernyataannya Sikap menyataan bahwa kami siap melawan Kolonial Indonesia sampai dunia Kiamat, disampaikan oleh Pimpinan Tpn-Opm wilayah Paniai ( Jhon M Yogi). Kami berjuang bukan soal makan dan minum tapi tujuan utama Perjuangan kami demi  merebut Kedaulatan Negara West Papua.

Mereka juga menyatakan bahwa Kemerdekaan Ialah hak segala Bangsa, maka Indonesia segarah Mengakuinya kedaulatan Negara kami yakni Negara West Papua. (www.edudanews.blogspot.com)

Menurut Informasi dari warga  sipil setempat Mengatakan   bahwa terjadi saat tim gabungan mengawal pengiriman logistik pilkada ke Distrik Kebo.  Tim gabungan Tni-Polri yang menggunakan  tiga Speed Boat dari  Enaro ke distrik Paniai Utara kebo  pada Kamis (11/10) siang, di kali Waneuwo di hadang oleh Pasukan Giriliawan  Pejuang Kemerdekaan Papua Merdeka (Tpn-Opm). melalui Sms singkat.

Saat rombongan yang menggunakan tiga speedboat memasuki muara sungai Kebo, tiba-tiba TPN/OPM menyerang dengan menembaki iringan speedboat yang dinaiki anggota Tni-Polri. Akibat serangan TPN/OPM,  kata Kapolres Paniai, AKBP Anthon Diantje kepada ANTARA, dua anggota TNI terluka serta satu speedboat tenggelam. Menurutnya, serangan TPN/OPM itu dibalas anggota sehingga terjadi kontak senjata dan rombongan berupaya kembali ke Enarotali.

Kedua anggota Yon 753 itu masing masing Praka Aris mengalami luka tembak di tangan dan kaki. Sedangkan Praka Arisoni Wembi mengalami luka tembak ditangan dan saat ini masih ditangani tim medis RSUD Paniai. (www.mertrotvnews.com)
Kemudian Tni-Polri Marah dan menembakki perahu Jonzon Milik Masyarakat Sipil daerah Aikai Enarotali. masayarakat yang sedang berlabu di palabuhan Aikai Enarotali mengakibatkan jonson berlubang sebanyak  tiga Mesin perahu jonsonn yang rusak ditembaki. Di lanjut Warga sipil Bobaigo Ibu Kota Enarotali di Tangkap tanpa alasan Jelas masing-masing mereka masih di tahan di Kantor polisi guna mintah keterangan. (www.tabloidjubi.com)

Tni-Polri juga penyisiran brutal di sekitar kota enarotali. Kini kota Enarotali dan Madi sepih. Warga sipil sedang mengungsi ke kampung-kampung dan ke hutan. Perahu dan janson milik masyarakat dihancurkan oleh TNI-POLRI. Korban  dan kerugian material lain belum diketahui. (Un/Ag)

Sumber: umaginews.com
 
 
 

About The Author

Komonitas Radio Suara Dogiyai Fm(RASUDO FM) Alaamat Jln. Ekanabi Tagi - Distrik Dogiyai - Kabupaten Dogiyai - Propensi Papua

Share This Article


Related Post

Tidak ada komentar: