Home » , , , » BELUM ADA UPAYA PENANGGULANGAN HIV/AIDS DI DOGIYAI

BELUM ADA UPAYA PENANGGULANGAN HIV/AIDS DI DOGIYAI

Moanemani, 17/8 (Jubi) – Geliat penanggulangan HIV dan AIDS di Kabupaten/Kota, Provinsi Papua, terus digalakkan. Namun, di Kabupaten Dogiyai, masyarakat setempat mempertanyakan kebijakan pemerintah daerah yang dinilai belum serius terhadap virus mematikan itu.

Tokoh Pemuda Dogiyai, Laurensius Tebay, Kamis (15/8) pagi, mengatakan, “HIV/AIDS harus dijadikan program prioritas agar masyarakat Dogiyai mendapat pengetahuan yang cukup, bahwa ini virus mematikan dan belum ada obatnya, sehingga bisa mawas diri sedini mungkin. Jadi, kami harap, penyakit ini segera diseriusi dari sekarang.”

Kata dia, selama ini belum ada kegiatan sosialisasi atau penyuluhan mengenai HIV dan AIDS untuk dapat diketahui oleh masyarakat di 10 distrik. “Kami sangat kecewa, pihak dinas terkait belum melihat HIV dan AIDS sebagai masalah urgen,” ujarnya.

Kegiatan sosialisasi dan pemeriksaan HIV yang telah dilakukan di Kabupaten Paniai awal bulan ini Kamis (1/8),menurut Laurens, patut ditiru oleh daerah lain. Termasuk Kabupaten Dogiyai,sebagai tetangga Kabupaten Paniai. “Harus itu, kami mendukung kalau ada kegiatan seperti ini, karena akan memastikan status kesehatan. Memang bukan pemaksaan, tetapi harus dari kesadaran setiap orang untuk mau periksa diri,” tuturnya.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Sub Dinas Pemberantasan Penyakit Menular (P2M) Dinas Kesehatan Kabupaten Dogiyai, Kristianus Tebai, S.Km, mengatakan, belumtersentuhnya masalah HIV merupakan satu pekerjaan rumah bagi pemerintah daerah,dalam hal ini dinas teknis.“Sejak saya dilantik baru-baru ini, ada banyak hal yangmasih jauh ketinggalan. Saat ini kami sedang benahi program,” ujarnya ketabloidjubi.com, Kamis (15/8) pagi.

Selama ini, kata Kris, program penanganan HIV/AIDS di Kabupaten Dogiyai belum diprioritaskan. “Beberapa kabupaten di Meeuwodide sudah siap perangi penularan HIV, tetapi Dogiyai masihbelum. Saya sangat prihatin dengan hal ini,” tandasnya. (Jubi/Markus
You)

Penulis : Markus You | 01:31
  • Editor : MUSA ABUBAR


Share this video :

0 komentar:

Post a Comment

 
Copyright © 2013. RASUDO FM DOGIYAI - All Rights Reserved

Distributed By Free Blogger Templates | Lyrics | Songs.pk | Download Ringtones | HD Wallpapers For Mobile

Proudly powered by Blogger