Home » , , » DINKES DOGIYAI PUSATKAN IMUNISASI DI APOUWO

DINKES DOGIYAI PUSATKAN IMUNISASI DI APOUWO

Moanemani, 15/8 (Jubi) –Pencanangan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) tahun 2013 tingkat Kabupaten Dogiyai akan dipusatkan di Apouwo, Distrik Piyaiye, pekan depan.

Pencanangannya akan dipimpin Bupati Dogiyai, Drs. Thomas Tigi. Kepala Sub Dinas Pemberantasan Penyakit Menular (P2M), Kristianus Tebai, S.Km mengatakan, kegiatan PIN sesuai jadual nasional pada September-Oktober 2013. Namun untuk Kabupaten Dogiyai, kegiatannya dipercepat. “Untuk Dogiyai, kami memang percepat mengingat kebutuhan di lapangan. Jadi,tanggal 19 Agustus, Bupati akan buka pekan imunisasi di Piyaiye,” katanya ketabloidjubi.com, Kamis (15/8) pagi.

Dalam pelaksanaan PIN tingkat Kabupaten Dogiyai, kata dia, ada pelayanan imunisasi dan pengobatan massal bagi masyarakat Distrik Piyaiye. Selain itu, Bupati juga akan melantik pengurus Dharma Wanita Distrik Piyaiye. “Kita laksanakan kegiatannya selama satu minggu, mulai tanggal 19 sampai 24 Agustus,” kata Kris.

Dalam rangkaian kegiatan di Apouwo, kata dia, tim medis yang akan diturunkan yakni dokter, perawat dan bidan. Beberapa petugas Puskesmas Apouwo juga akan dilibatkan. “Logistik seperti obat-obatan, vaksin imunisasi, dan lain-lain sudah siap. Sekarang tinggal turun pelayanan saja,” ujarnya. “Harapan kami, sampai dengan akhir September nanti, seluruh Dogiyai sudah harus terlayani imunisasi,” kata Kris.
Salah satu warga Dogiyai di Moanemani, Dony Degei menyambut baik pencanangan imunisasi dan pengobatan massal di Piyaiye. Hal ini satu terobosan yang patut didukung demi pelayanan kesehatan masyarakat di 10 distrik.

Namun, ia juga berharap, “Kegiatan imunisasi mesti dilakukan secara rutin di kampung-kampung dengan mengandalkan kader Posyandu.”Tentu masih banyak keterbatasan, usul Dony, minimal tiap bulan diadakan imunisasi bagi warga kampung. Karena selama ini tak pernah ada, sehingga biasanya orang harus ke pusat distrik ataupun Moanemani, pusat Kabupaten  ogiyai. Diketahui, imunisasi terbukti dapat menyelamatkan orang dari infeksi berat seperti polio, difteri, pertusis, tetanus, campak, hepatitis, dan lain-lain.

Data selama ini, layanan imunisasi rutin hanya diadakan di Puskesmas Moanemani dan Idakebo. Puskemas yang lain belum, karena alasan logis adalah belum ada cold chain. “Untuk ini, akan diupayakan tahun 2014 semua Puskesmas dapat fasilitas tersebut untuk jalankan imunisasi,” ucap alumni Universitas Dian Nuswantoro Semarang ini. (Jubi/Markus You)

http://tabloidjubi.com/2013/08/17/dinkes-dogiyai-pusatkan-imunisasi-di-apouwo/
 
Share this video :

0 komentar:

Post a Comment

 
Copyright © 2013. RASUDO FM DOGIYAI - All Rights Reserved

Distributed By Free Blogger Templates | Lyrics | Songs.pk | Download Ringtones | HD Wallpapers For Mobile

Proudly powered by Blogger