Home » , , » Kasus HIV/AIDS Baru di Papua Tinggi

Kasus HIV/AIDS Baru di Papua Tinggi

MANOKWARI - Memperingati Hari AIDS se Dunia,1 Desember, Minggu sore sejumlah aktifis kesehatan menggelar aksi simpati dengan membagi-bagikan pita kepada pengguna jalan di perempatan Wosi, Sanggeng. Ia mengajak warga untuk peduli mencegah penyebaran virus HIV/AIDS yang sudah mengkuatirkan.

Dr Astrid Kartika, Senior Program Manager Kesehatan AusAid menyatakan bahwa secara persentasi kasus HIV/AIDS di Provinsi Papua Barat maupun Provinsi Papua sangat tinggi dibanding dengan daerah lainnya. Berdasarkan hasil penelitian, persentasi kasus HIV/AIDS mencapi 2,4 persen dari total jumlah penduduk.
‘’Jadi,bisa dihitung saja, berapa jumlah penduduk sekarang. Jangan lupa, di Papua ini jumlah penduduknya sedikit. Dengan jumlah penduduk yang sedikit tapi meyumbang 20 persen dari total kasus baru di Indonesia,’’ beber dokter Astrid saat penyusunan program kerja AIPD di Swiss-belhotel Manokwari beberapa waktu lalu.
 
Perlu dilakukan pemerintah daerah serta segenap stakeholder yakni pengupayakan pengendalian dan pencegahan. Virus HIV/AIDS sudah menyebar diberbagai lapisan masyarakat tanpa mengenai profesi,usia dan lainnya. Bahkan menurut Astrid, berdasarkan penelitian, kasus HIV/AIDS banyak ditemukan pada ibu-ibu mencapai 24 persen. Dan kelompok usia produktif paling tinggi terinfeksi virus mematikan ini.
‘’Yang memeriksakan diri tentang status HIV/AIDS lebih banyak perempuan dibanding  laki-laki. Ini yang menjadi alasan mengapa kasus HIV/AIDS lebih banyak ditemukan pada ibu-ibu daripada laki-laki,’’ ujarnya.
 
Dikatakan, ada lembaga terkait dalam waktu dekat akan kembali melakukan penelitian tentang kasus HIV/AIDS di Provinsi Papua Barat maupun Prov Papua. Menurutnya dokter Astrid, sekitar 20 persen kasus HIV/AIDS baru di Indonesia akan berasal dari Provinsi Papua Barat dan Prov Papua, sedangkan 80 persen lainnya dari daerah lain di Indonesia.
 
Astrid mengatakan, perlu dilakukan upaya-upaya pengendalian ataupun pencegahan penyebaran HIV/AIDS. Beberapa upaya diantaranya penguatan masyarakat untuk mengubah perilaku menjadi hidup sehat, perbaikan pelayanan kesehatan.(jpnn)
 
Share this video :

0 komentar:

Post a Comment

 
Copyright © 2013. RASUDO FM DOGIYAI - All Rights Reserved

Distributed By Free Blogger Templates | Lyrics | Songs.pk | Download Ringtones | HD Wallpapers For Mobile

Proudly powered by Blogger