Home » » Dibutuhkan Sinergitas Semua Instansi Dalam Membangun SDM Papua

Dibutuhkan Sinergitas Semua Instansi Dalam Membangun SDM Papua

JAYAPURA – Kepala Badan Pengembangan SDM Provinsi Papua Zakarias Giayi mengaku, provinsi Papua mempunyai lima sektor unggulan pada masing-masing kawasan.

“Untuk itu, kita membutuhkan sekitar 19 ribu orang dengan berbagai macam klasifikasi pendidikan yang kita siapkan untuk mengantisipasi investasi yang akan masuk di Papua,”kata Kepala Badan Pengembangan SDM Provinsi Papua Zakarias Giayi kepada wartawan belum lama ini Swissbel Hotel Jayapura. 

Menurutnya, investor yang akan masuk ke Papua cukup banyak namun jika kita tidak siap maka orang lain yang akan masuk.

“Oleh karena itu, bagaimana kita mengantisipasi hal tersebut maka perlu mempersiapkan SDM yang memenuhi klasifikasi seperti perlu kerjsama dengan semua instansi dalam mempersiapkan SDM dengan baik terutama instansi kunci seperti dinas pendidikan, kesehatan dan tenaga tenaga kerja serta Badan SDM,”terangnya.

Serta perlu keterlibatan rumpun ekonomi dalam arti luas pertambangan dan lainnya, semua perlu mengambil peran secara serius. Sebab kita tidak bisa kerja sendiri-sendiri. Perlu ada konektivitas keterkaitan dan kordinasi.
“Pertemuan ini tujuannya adalah bagaimana koordinasi masing-masing sektor dalam persoalan pengembangan SDM di Papua,”ujarnya.

Hal ini menjadi catatan penting bagaimana melakukan pembangunan kedepan terutama untuk pengembangan SDM di Papua,” kami sudah mulai tahun ini dan anak-anak dari Pegunungan Tengah kami sudah rekrut akan kami kirim ke New Seland, Kanada dan juga pelajar setingkat SMU akan kami kirim ke luar negeri seperti ke New Seland, mengenai jumlah masih sangat kecil,”paparnya.

Dimana, sekitar tujuh orang ke kanada, untuk jenjang SMU atau kelas satu SMU, namun hal tersebut perlu kerja keras sehingga kami belum mengirim tahun ini kemungkinan bulan Januari tahun depan baru kami dapat mengirimnya.

“Dalam tiga bulan ini kami kerja secara keras, karena untuk mengirim mereka ke luar negeri bukan hanya masalah bahas yang perlu dilatih tetapi juga masalah teknologi. Makanya tahun depan ada strategis khusus untuk Kawasan Pegunungan Tengah dan dataran sulit fi Papua,”jelasnya.

Diakuinya, ada empat klasifikasi daerah yakni perkotaan, dataran rendah mudah, dataran rendah sulit dan Pegunungan Tengah. Kawasan ini berbedea-beda, kawasan yang masih minim SDMnya adalah kawasan Pegunungan Tengah dan dataran rendah sulit seperti di Selatan.[tho]


 Sumber: PAPOS


Share this video :

0 komentar:

Post a Comment

 
Copyright © 2013. RASUDO FM DOGIYAI - All Rights Reserved

Distributed By Free Blogger Templates | Lyrics | Songs.pk | Download Ringtones | HD Wallpapers For Mobile

Proudly powered by Blogger