Home » , » Polisi Papua Buru Dua Orang Pengurus KNPB

Polisi Papua Buru Dua Orang Pengurus KNPB

Warga yang tergabung dalam Komite Nasional Papua Barat (KNPB) memasang sejumlah spanduk sebagai bentuk dukungan berdirinya kantor Perwakilan OPM di Papua Nuigini di sekitar Lapangan Timika Indah, Kabupaten Mimika, Papua, Selasa (26/11). Aksi tersebut dibubarkan aparat gabungan TNI-Polri karena tidak memiliki izin dari kepolisian. (Foto: ANTARA)
Jakarta - Kepolisian Papua memburu dua orang yang diduga sebagai otak kericuhan antara ratusan orang dari Komite Nasional Papua Barat (KNPB) dan puluhan aparat Kepolisian di Jayapura, Papua, yang teradi beberapa waktu lalu.

Juru bicara Kepolisian Papua, Sulistyo Pudjo Hartono mengatakan, dua orang berinisial BP dan YRN itu telah dimasukkan dalam Daftar Pencarian Orang (DPO). Menurut Sulistyo, mereka adalah pegurus KNPB yang melarikan diri saat penggerebekan polisi di kantor KNPB sebelumnya. Polisi menduga, dua orang itu sengaja merencanakan kerusuhan.

"Keterlibatan mereka, dua orang ini langsung mengorganisir pertemuan itu. Kemungkinan juga merencanakan kasus itu. Memang kemarin itu sudah direncanakan. Jadi mereka menarik alat-alat senjata tajam dari luar lokasi demo. Saat mereka lari dari lokasi demo itu mereka langsung mengambil senjata di lokasi lain," jelasnya saat dihubungi KBR68H, Minggu (1/12)

Sulistyo Pudjo Hartono menambahkan, organisasi KNPB saat ini belum tercatat di Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), sehingga termasuk organisasi ilegal.

Pada Selasa (26/11) lalu, sekitar seratusan orang dari Komite Nasional Papua Barat (KNPB) berunjuk rasa di di Taman Budaya Waena Expo, Jayapura, Papua. Dalam orasinya, massa KNPB menyatakan dukungan atas pembukaan kantor Organisasi Papua Merdeka di Port Moresby, ibu kota Papua Nugini pada 1 Desember 2013.

Unjuk rasa kemudian berujung bentrok dengan aparat kepolisian hingga mengakibatkan belasan orang terluka. Dua di antaranya kritis.

Editor: Agus Luqman
Sumber: KBR68H
Share this video :

0 komentar:

Post a Comment

 
Copyright © 2013. RASUDO FM DOGIYAI - All Rights Reserved

Distributed By Free Blogger Templates | Lyrics | Songs.pk | Download Ringtones | HD Wallpapers For Mobile

Proudly powered by Blogger