.
» » » » Persipura Jayapura Tahan Mitra Kukar Tanpa Gol

Persipura Jayapura Tahan Mitra Kukar Tanpa Gol

Penulis By on Tuesday, 11 February 2014 | No comments

Persipura Jayapura. Tempo/Cunding Levi
Samarinda - Persipura Jayapura tampil tanpa Titus Bonai dan Immanuel Wanggai saat dijamu Mitra Kutai Kartanegara Liga Super Indonesia (ISL) di Stadion Aji Imbut, Selasa malam, 11 Februari 2014. Toh tim juara bertahan itu berhasil pulang dengan membawa pulang satu poin setelah mampu menahan tuan rumah tanpa gol.

Sejak peluit tanda dimulainya laga, Mitra Kukar tampil menekan. Sejumlah peluang tercipta namun tak ada yang berbuah gol. Jajang Mulyana sempat mengancam gawang You Jae Hoon. Memanfaatkan umpang silang dari Zulkifli Syukur, tendangan menyerobot Jajang melemceng ke sisi kiri Persipura.

Jajang kembali memperoleh peluang memanfaatkan umpan Raphael Maitimo dari sisi kiri Persipura. Umpan lambung Maitimo juga tak berbuah manis. tandukan Jajang lagi-lagi melebar.

Sepanjang babak pertama berjalan, Persipura terus gagal membangun serangan. 45 menit pertama Persipura nyaris tanpa mengancam gawang Mitra Kukar yang dijaga Joice Sorongan. Mengandalkan Lukas Mandowen dan Ferinando Pahabol tak bisa menembus pertahanan tuan rumah yang dijagaDedy Gusman dan RFeinaldo L Lobo. Babak pertama pun berakhir tanpa gol.

Memasuki babak kedua, pola permainan kedua tim tak banyak berubah. Mitra Kukar yang tampil di hadapan ratusan pendukungnya (Mitra Mania) berinisiatif menekan. Mengandalkan Zulham Zamrun dan Anindito di barisan depan tak kunjung membuahkan hasil.

Tak pernah berbuah manis, Steffan Hansson mengubah pola permainan. Zulham Zamrun ditarik keluar dan memasukkan Fadil Sausu. Dari kubu Persipura juga tak mau ketinggalan. Jacksen F Tiago mengubah formasi dengan mengganti tiga pemainnya. Lukas Mandowen digantikan Nelson Alom pada menit 65, Yustinus Pae digantikan Rony Beroperay pada menit 81 dan terakhir FVerinando Pahabol ditarik dan digantikan Jaelani Arey pada menit 90.

Strategi dua pelatih ini tak mengubah kedudukan hingga laga usai. Pertandingan berakhir 0-0.

Pelatih Persipura Jacksen F. Tiago mengaku puas dengan hasil imbang tanpa gol kala bertandang ke kandang Mitra Kukar. Menurut dia para pemain sudah bekerja keras dan fokus sampai akhir pertandingan dan membuahkan satu poin pada tur Kalimantan Timur kali ini.  "Permainan anak-anak di lapangan sudah sesuai dengan instruksi, kami tentunya bersykur," kata Jacksen.

Atas hasil ini Jacksen mengatakan masih perlu bekerja keras untuk mencapai target. Menurut dia dengan sistem kompetisi dua wilayah ini yang dibutuhkan hanya bertengger pada 4 besar klasemen. "Target kami bukan mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya, tapi di zona 4 besar. Pada musim sekarang banyak poin belum tentu juara," kata dia.

Pelatih Mitra Kukar Stefan Hansson merasa puas dengan permainan pemain Mitra Kukar. Bermain menekan sudah dilakukan terutama 20 menit jelang laga usai. Menurut dia Persipura pada musim ini tak seperti musim sebelumnya. Persipura dinilainya bermain banyak mengulur waktu bukan menyerang. "Persipura musim ini berubah, mereka banyak mengulur waktu. Dengan hasil ini saya puas bisa menahan imbang, karena pada kompetisi sebelumnya kami kalah dalam laga kandang maupun tandang," kata dia.

FIRMAN HIDAYAT / TEMPO.CO


Baca Juga Artikel Terkait Lainnya