.
» » » » TNI Siap Hadapi Kelompok Separatis Bersenjata di Papua

TNI Siap Hadapi Kelompok Separatis Bersenjata di Papua

Penulis By on Monday, 10 February 2014 | No comments

SEMARANG - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Budiman menyatakan TNI siap untuk menghadapi gerombolan separatis bersenjata di Papua menyusul sering terjadinya gangguan keamanan dari kelompok separatis bersenjata.

KSAD mengatakan, kelompok bersenjata di Papua itu berada di daerah tengah sehingga sering terjadi gangguan keamanan sehingga menyebabkan terjadinya kontak tembak antara TNI dan kelompok bersenjata.

"Beberapa waktu lalu kita telah berhasil menembak satu orang dari separatis bersenjata, menawan 10 orang dan menyita sebanyak 18 pucuk senjata rakitan. Dengan mereka terus mengganggu keamanan, kami tetap waspada. Pada prinsipnya masyarakat Papua adalah saudara dan bangsa kita juga yang berhak untuk mendapatkan perhatian, kami tingkatkan kesejahteraan, pendidikannya dan memberikan rasa keadilan bagi rakyat Papua," tegasnya.

Tetapi bagi gerakan pengacau keamanan bersenjata mereka akan berhadapan dengan TNI sesuai dengan tugas TNI untuk menghadapi gerombolan separatis bersenjata atau pemberontak bersenjata. Sehingga KSAD meminta untuk terus tingkatkan kewaspadaan dan juga profesionalisme TNI.

Kontak tembak antara TNI dan kelompok separatis bersenjata terjadi Sabtu (1//2) lalu di Kampung Sasawa Distrik Yapen Barat, Kabupaten Kepulauan Yapen. Saat itu Tim Gabungan dari TNI AD dan Polri sedang melakukan patroli di daerah setempat.

Setelah sebelumnya kejadian itu, Tim Gabungan memperoleh informasi dari intelejen adanya "latihan militer" dari kelompok

radikal bersenjata di DistrikYapen Barat. Baku tembak pun tak terhindarkan karena petugas mendapatkan tembakan dari separatis.

( Yulianto / CN26/, suaramerdeka.com )

http://m.suaramerdeka.com/index.php/read/news/2014/02/11/190582



Baca Juga Artikel Terkait Lainnya