.
» » » Bupati Merauke Adakan Pertemuan Dengan Pedagang Asli Papua

Bupati Merauke Adakan Pertemuan Dengan Pedagang Asli Papua

Penulis By on Tuesday, 29 April 2014 | No comments

Merauke  – Bupati Merauke Drs. Romanus Mbaraka, MT di Ruang Rapat Bappeda Merauke kembali melakukan pertemuan dengan masyarakat pedagang asli Papua di Pasar Wamanggu, Senin  (28/4), guna membahas berbagai permasalahan yang tak kunjung berakhir, seperti  penempatan los dan kios yang masih kurang pas atau tidak cocok dengan barang atau dagangan yang akan dijual, dan penarikan retribusi yang biasanya dilakukan setiap enam bulan sekali dinilai cukup membebankan pedagang.
Menanggapi masukan dan keluhan dari pedagang ini, Buapti Merauke menyampaikan, penarikan retribusi akan diupayakan dilakukan setiap bulan, sehingga tidak memberatkan pedagang, los dan kios yang masih kosong akan diserahkan  bagi yang lebih membutuhkan dan penempatan los dan kios antara pedagang pakaian dan sayuran atau kios akan ditata sesuai kebutuhan. 
Terkait bantuan permodalan, Buapti Merauke meminta waktu selama dua bulan untuk pembangunan terminal, karena penyerahan modal akan dilakukan setelah terminal selesai dibangun.
“Setelah terminal pindah, semua taxi akan digeser dan akan dilanjutnkan dengan penyerahan modal. Penyerahan bantuan modal akan dilengkapi dengan pernyataan bantuan modal kepada pemilik kios dan los khusus yang asli Papua dan pernyataan pedagang mengunakan modal yang diberikan untuk bergulir,” terangnya
Bupati juga meminta kalau ada asosiasi dari pedagang asli Papua segera dimanfaatkan dan segera melaporkan ke Bupati untuk memberikan masukan serta penguatan modal terhadap asosiasi tersebut.
“Saya akan memberikan modal 300-500-an juta rupiah sebagai modal awal. Tetapi harus diatur dengan baik, Ketua asosiasinya siapa, akan saya ikuti, kapasitasnya atau pemahamannya tentang bagaimana modal bisa bergulir. Kalau tidak saya akan siapkan orang dari luar untuk membantu membangun,” pungkasnya. (rsdfm/mcmerauke/Kus/ InfoPublik)
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya