.
» » » Semen di Papua Rp 1 Juta, Pemerintah Diminta Perbaiki Infrastruktur

Semen di Papua Rp 1 Juta, Pemerintah Diminta Perbaiki Infrastruktur

Penulis By on Sunday, 2 November 2014 | No comments

Papua - Perbaikan infrastruktur di Indonesia menjadi salah satu harapan untuk pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla yang saat ini sudah berjalan dua pekan. Dengan infrastruktur yang baik maka akan berpengaruh pada distribusi barang-barang ke pedalaman termasuk semen yang harganya mencapai Rp 1 juta per sak di Papua.

Hal itu diungkapkan Sekretaris Perusahaan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, Agung Wiharto saat ditemui di Gresik. Ia mengatakan jika infrastrutur baik maka bisa mengerucutkan biaya yang tidak perlu.

"Harapannya infrastruktur semakin baik di darat ataupun laut. Bisa mengerucutkan biaya yang tidak perlu termasuk untuk petani atau nelayan, pendapatan (mereka) bisa lebih baik," kata Agung kepada detikcom, Sabtu (1/11/2014).

Selain itu menurut Agung, perekonomian akan meningkat di sektor properti, perumahan, dan perkantoran sehingga meningkatkan konsumsi semen dengan infrastruktur yang bagus. Distribusinya pun akan lebih mudah sehingga membuat harga menjadi turun.

"Ekonomi bagus, perbankan juga bagus, baik untuk properti, perumahan, perkantoran. Meningkatakan konsumsi semen," tegasnya.

Secara khusus terkait harga semen, lanjut Agung, infrastruktur sangat berpengaruh dengan harga semen di pedalaman seperti di Papua. Saat ini harga di Jayapura memang hanya terpaut Rp 10 ribu per sak semen dari pulau Jawa yaitu sekitar Rp 70 ribu. Namun di pedalaman seperti Wamena, harganya mencapai Rp 1 juta per sak.

"Termasuk di Papua (perbaikan Infrastruktur).. Karena kalau dibawa ke Wamena harganya sampai Rp 1 juta, itu Rp 900 ribu dari ongkos pesawat," tandas Agung.

Sementara itu sebelumnya Jokowi pernah mengatakan memiliki konsep membangun sistem logistik kelautan yang efektif dan efisien dengan 'Tol Laut'. Hal itu diungkapkan sebelum mantan Wali Kota Solo itu terpilih sebagai presiden.

"Seharusnya dengan adanya tol laut harga semen di Papua bisa sampai Rp 60 ribu saja, masih masuk akal. Kalay sekarang harga di Papua sampai Rp 1,5 juta/sak, bagaimana rasa keadilan kita," kata Jokowi tanggal 11 Juni 2014 lalu .( Detik)
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya