Home » , » KPU Gelar Test Wawancara Calon Anggota PPD

KPU Gelar Test Wawancara Calon Anggota PPD

NABIRE - Setelah rampung dalam test administrasi dan tertulis, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nabire menggelar test wawancara bagi para peserta calon anggota Panitia Pemilihan Distrik (PPD) se-Kabupaten Nabire, Rabu (14/5) di Kantor KPU Nabire Jalan Ahmad Yani.

Test wawancara itu merupakan test terakhir untuk menghasilkan anggota PPD masing-masing distrik berjumlah 5 (lima) orang. Satu persatu peserta test langsung berhadapan dengan Ketua KPU, Petrus Rumere dan 3 anggota yakni Oktovianus Takimai, Oktovina Karubui dan Agus Salim. Mereka mendapat pertanyaan dari ketua dan ketiga anggota KPU Nabire.

Diwaktu jeda, Ketua KPU Nabire, Petrus Rumere,S.Sos kepada media cetak dan elektronik menerangkan, dalam seleksi pembentukkan PPD ada tiga tahapan yang dilaksanakan.

Pertama, tahapan pemberkasan administrasi, kedua, tahapan test tertulis. “Dua tahapan ini yakni pemberkasan administrasi dan test tertulis sudah selesai dan ada beberpa calon yang gugur. Kemudian untuk tahapan tertulis, diambil 10 orang atau 10 besar. Seperti Nabire dan Nabire Barat yang pesertanya cukup banyak, namun tetap yang diambil 10 orang sedangkan lainnya kami gugurkan,” ungkapnya.
Ketiga, tahapan test wawancara. Dari test ini akan diambil masing-masing distrik (PPD) lima orang atau 5 besar. Dan selanjutnya hasil 5 besar ini akan ditetapkan dan dilantik sebagai anggota PPD masing-masing distrik.

Terkait peserta yang gugur, menurut Ketua KPU, gugur  dalam administrasi, karena ada administrasi yang kurang atau tidak lengkap. Gugur dalam administrasi tertulis, karena jawaban-jawaban yang salah sementara KPU menggunakan sistem rangking atau tingkatan, sehingga yang nilainya tertinggi itu yang diambil sampai 10 besar untuk kemudian diseleksi kembali dalam test wawancara menjadi 5 besar.

“Dalam test tertulis kita menggunakan sistem rangking, sehingga siapapun yang nilainya tertinggi itu yang lolos dan begitu seterusnya sampai 10 besar dan masuk dalam test wawancara, dan dalam test wawancara diseleksi kembali sehingga hanya menghasilkan 5 besar,” terangnya.

*Petrus Rumere : KPU Ingin Pastikan PPD Netral Independen dan Steril
Pantauan Papuapos Nabire, test wawancara dilaksanakan secara marathon, mulai dari pagi hingga malam hari. Dilihat dari daftar atau data yang ada sekitar 241 peserta mengikuti test itu. “Test wawancara ini dilaksanakan sehari dan hari ini harus sudah selesai karena tanggal 18 Mei mendatang anggota PPD akan dilantik,” ungkapnya.

Dengan adanya seleksi dengan 3 (tiga) tahapan, Ketua KPU Nabire berharap PPD yang terbentuk nantinya merupakan orang-orang yang mengerti tentang kepemiluan, orang-orang yang memahami aturan-aturan perundang-undangan, Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) serta aturan-aturan lain tentang Pemilihan Umum Kepala Daerah.

“Undang-undang dan aturan Pemilukada memang baru dan tentunya harus dipelajari, namun minimal orang-orang yang masuk sebagai anggota PPD adalah orang-orang yang tahu, orang-orang yang memiliki pengalaman, minimal pernah terlibat di tingkat bawah dalam penyelenggaraan Pemilu, karena kita perlu orang-orang yang memahami tentang Pemilu,” tuturnya.

Disamping itu menurut Ketua KPU, PPD memerlukan orang-orang yang netral independen, tidak ada keberpihakan. Bila nantinya orang-orang di PPD tidak netral independen dikuatirkan akan menimbulkan konflik dikemudian hari. Oleh karena itu, dalam test wawancara ini, kita ingin pastikan bahwa orang-orang yang duduk sebagai anggota PPD adalah orang-orang yang memahami aturan, mekanisme kepemiliuan, mereka juga adalah orang-orang yang netral independen dan steril dari kepentingan-kepentingan.

“Silahkan bila sebelumnya ada titipan-titipan dari siapapun, namun saat menjadi anggota PPD mereka harus netral independen dan steril dari kepentingan-kepentingan,” tegasnya. (iing elsa/ros)

 Papuaposnabire
Share this video :

0 komentar:

Post a Comment

 
Copyright © 2013. RASUDO FM DOGIYAI - All Rights Reserved

Distributed By Free Blogger Templates | Lyrics | Songs.pk | Download Ringtones | HD Wallpapers For Mobile

Proudly powered by Blogger