Home » , , » Warga Kimupugi Keluhkan air bersih

Warga Kimupugi Keluhkan air bersih


Dogiyai, rsdofm: Warga Kampung Kimupugi dan sekitar Moanemani Distrik Kamu Moanemani, Dogiyai saat ini mulai kesulitan mendapatkan air bersih. Kondisi memprihatinkan itu terutama dirasakan oleh warga yang bermukim di kampong Kimupugi, Digikotu, Ikebo, dan sekitar Moanemani.

“Beberapa daerah terutama di wilayah Distrik Kamu Moanemani yang jauh dari sumber mata air, dan hanya mengharapkan air hujan turun, dan juga memang dikenal paling rawan kekeringan. Kondisi ini diperparah karena pipanisasi belum masuk ke sana,” Kepala Kampung Ambrosius Tigi, Jumat (4/12/2015), kemarin.

Beberapa warga mengeluhkan hal serupa. Mereka mengaku, kesulitan mendapatkan air bersih, hanya mengharapkan air hujan untuk mendapatkan air, warga bahkan harus berjalan jauh menuju pedalaman lereng gunung Tetode, atau di lereng Gunung Mago, untuk mendapatkan air bersih.

Kepala Kampung, Ambrosius Tigi juga mengaku bahwa beberapa kali siding Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Dogiyai, dan pembahasan Musyawarah Daerah (Musrembangda) Tingkat Kabupaten Dogiyai sudah beberapa kali mengusulkan untuk pengadaan air bersih di wilayahnya namun upaya itu sekarang tidak membuahkan hasil maksimal, Tak hanya itu, beberapa peternak di Kabupaten Dogiyai belum ditertibkan sehingga menyebabkan beberapa sumber mata air dirusak oleh ternak bebas tersebut,”ujar Tigi.

“Jika ingin membeli air, kebanyakan dari kami merasa keberatan karena harga yang harus dibayar cukup mahal, sekitar Rp 1.500/jerigen ukuran 10 liter,” ujar Kepala Kampung, Karena itu mereka berharap pada pemerintah daerah setempat untuk membangun jaringan pemipaan atau sumur bor.

Sedangkan di wilayah Kampung Kimupugi, Kampung Ikebo, lanjut Tigi, belum tersentuh program pipanisasi dari pemerintah, sehingga kami sangat mengharapkan pengadaan air bersih di wilayah ini,” Harap Tigi.(rsdofm/Herman Anou)




Share this video :

0 komentar:

Post a Comment

 
Copyright © 2013. RASUDO FM DOGIYAI - All Rights Reserved

Distributed By Free Blogger Templates | Lyrics | Songs.pk | Download Ringtones | HD Wallpapers For Mobile

Proudly powered by Blogger