.
» » » » » Telkom Gunakan Satelit untuk Layanan Internet di Pegunungan Papua

Telkom Gunakan Satelit untuk Layanan Internet di Pegunungan Papua

Penulis By on Monday, 30 May 2016 | No comments

JAYAPURA - PT Telkom Witel Papua menggunakan satelit untuk menjangkau masyarakat dalam layanan internet di daerah pegunungan di Papua.

"Harus gunakan satelit untuk layanan internet di daerah pegunungan, tetapi memang biayanya cukup besar, berbeda di daerah kabupaten/kota atau daerah pesisir dilalui oleh kabel fiber optik, sehingga secara bandwidth lebih cepat dan lebih murah tarifnya, "kata General Manager PT Telkom Witel Papua, Agus Yudha Basuki.

Khusus di daerah pegunungan, kata dia, baru Kabupaten Jayawijaya dan Tolikara yang terlayani internet menggunakan satelit. Kendati membawahi 28 kabupaten satu kota di Papua, namun diakuinya, akses internet beberapa kabupaten di Papua dilayani oleh Telkom Witel Papua Barat. "Kabupaten Biak Numfor, Kabupaten Nabire dan Kabupaten Kepulauan Yapen dilayani oleh Witel Papua Barat.

Jadi kita hanya layani 26 kabupaten/kota, "terang Agus Yudha kepada Papua Pos, di kantor Telkom Witel Papua, baru-baru ini. 

Sebelumnya, Agus Yudha mengatakan, di kawasan pegunungan Papua, baru dua kabupaten yang terlayani internet. "Masih terbatasnya pelayanan Telkom di kawasan Pegunungan Papua karena mahalnya investasi sehingga pelanggannya juga lebih banyak instansi, "kata Agus Yudha dikutip dari antaranews.com. Kendati pelayanannya masih menggunakan satelit, namun saat ini kapasitasnya sudah mencapai 200 megabyte.

 "Jika ada daerah yang ingin bekerjasama, kita siap menginvestasikan dan memberikan pelayanan ke daerah tersebut, tetapi butuh biaya besar dan jaminan keamanan, khususnya investasi yang telah ditanamkan, "terangnya. [srb] 

Ditulis oleh  Sari/Papos 
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya