.
» » Pemprov Papua akan Bangun 5 Sekolah Asrama OAP Bernilai Rp200 Miliar

Pemprov Papua akan Bangun 5 Sekolah Asrama OAP Bernilai Rp200 Miliar

Penulis By on Tuesday, 4 April 2017 | No comments

BIAK (BIAK NUMFOR) - Pemerintah Provinsi Papua melalui Dinas Pendidikan Pengajaran membangun sekolah berpola asrama khusus orang asli Papua di lima wilayah adat dengan alokasi dana sebesar Rp200 miliar pada 2017. 
 
Kepala Dinas Pendidikan Pengajaran Papua Elly Wonda menjawab Antara usai memantau pelaksanaan ujian nasional di Biak, Senin, mengatakan kelima lokasi tempat pembangunan gedung sekolah, yang dilengkapi asrama itu, tersebar di Teluk Saereri di Biak, Tabi di Jayapua, serta Laapago, Meepago, dan Anim Ha di Merauke. "
 
Untuk penyediaan tanah dan pelepasan sertifikat tanahnya melibatkan pemkab dan pemkot," katanya. 
 
Ia mengatakan untuk lokasi sekolah asrama di Teluk Saerer akan dibangun di Kabupaten Biak Numfor. 
 
Areal tanah lokasi pembangunan sekolah berpola asrama di Biak itu, lanjut Elly, hingga saat ini sudah tersedia sekitar tujuh hektare berlokasi di kawasan Manoduw, Distrik Samofa.
 
 "Untuk tanah tempat pembangunan gedung pendidikan bepola asrama di Biak sudah siap dikerjakan," ungkapnya. 
 
Sedangkan untuk lokasi pendidikan sekolah asrama di wilayah adat lain, lanjutnya, akan ditempatkan di pusat kabupaten, sehingga mempermudah jangkauan akses pelayanan pendidikan khusus orang asli Papua itu. 
 
 Menyinggung tujuan pembangunan gedung pendidkkan berpola asrama di lima wilayah adat, menurut Elly, untuk memenuhi kebutuhan dasar warga asli Papua, sehingga akan meningkatkan kualitas pendidikan generasi muda Papua.
 
 "Pembangunan sekolah berpola asrama di wilayah adat ini untuk menjawab visi misi Gubernur Papua Lukas Enembe, yang akan membangun masyarakat Papua untuk bangkit mandiri dan sejahtera," ujarnya. 
 
 Berdasarkan data, lokasi pembangunan sekolah berpola asrama di Kabupaten Biak Numfor merupakan pelepasan lahan marga Abraham Randokir yang mencapai lebih dari 10 hektare. (antara)

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya