.
» » » » Manfaat kritik

Manfaat kritik

Penulis By on Wednesday, 5 July 2017 | No comments


Kritikan berarti salah satu sikap seseorang yang tidak setuju dengan suatu hal yang dianggap melenceng dari aturan atau keluar dari batas kebijakan suatu masalah.

Kritikan ada bermacam macam yaitu

1. Kritik Membangun : Yaitu kritik yang memberi masukan dan memberitahu orang lain dengan tujuan baik yaitu agar orang tersebut bisa memperbaiki atau mengurangi kekurangan atau kelemahannya tanpa memojokan orang yang dikritik dan memberi tips atau cara untuk mendukung upaya perbaikan kekurangannya.

2. Kritik berbau Iri : Yaitu kritik yang menjatuhkan karena tidak suka akan keberhasilan orang lain dalam sesuatu hal, biasanya memberi masukan yang bisa menjebak dan tidak secara langsung memperlihatkan rasa iri nya dan tidak menilai secara obyektif terhadap orang yang di kritiknya

Dalam menanggapi kritikan ada yang merasa beruntung karena sudah diingatkan kekurangan dan kesalahannya ada juga yang merasa down karena kekurangan dan kelemahannya diungkap oleh orang lain. Bagaimana cara menyikapi kedua kritikan itu?

1. Kritik membangun sangat berguna dan penyelamat hidup dari lembah kelemahan juga kekurangan kita sebagai manusia yang tidak sempurna, dengan adanya kritikan membangun kita bisa segera memperbaiki kekurangan dan kelemahan kita sehingga kwalitas hidup akan lebih bernilai serta penuh makna dan hikmah. Begitu banyak keuntungan kita mendapat kritik membangun selain kita dapat ilmu dan wawasan yang luas juga bisa belajar dari kesalahan dan bisa lebih memahami hidup dari berbagai sisi.

2. Untuk kritik yang berbau iri, dengki dan sejenisnya sebaiknya kita pun tidak lantas harus merasa down untuk menunjukan bahwa kita memang sudah melakukan sesuatu yang benar, juga tidak boleh balik dendam terhadap yang mengkritik tetapi kita musti introspeksi diri juga, menelaah semua apa yang pernah kita lakukan yang menimbulkan kritik tidak nyaman ini sampai mendekati kebenaran, selebihnya kita serahkan pada yang Maha Kuasa.

Dalam menyikapi kekurangan dan kelemahan kita tentunya kita akan lebih baik lagi apabila menyadari kekurangan dan kelemahan kita tanpa menunggu di kritik orang lain karena ada prinsip “

"""" semoga """"""

Mando Mote

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya