Source: Google |
Pendidikan
merupakan salah satu komponen penting dalam suatu negara, karena pendidikan
akan menentukan kualitas sumber daya manusia dari negara tersebut dan menjadi
tolak ukur sejauh mana suatu bangsa bisa mencapai kemajuan serta kesejahteraan.
Oleh karena itu, pendidikan yang berkualitas bagi semua kalangan dan semua usia
haruslah menjadi perhatian khusus kita bersama. Akan tetapi melihat kondisi
yang terjadi di Indonesia saat ini, masih didapati banyak
permasalahan-permasalahan pendidikan yang terjadi seperti, belum meratanya
keterjangkauan akses pendidikan diberbagai daerah, kurikulum yang cukup sering
berganti, kurangnya tenaga guru diberbagai pelosok daerah, terjadinya berbagai
kasus kriminal maupun korupsi di sekolah,dan lain sebagainya. Selain itu
meskipun berbagai kebijakan dan aturan dibuat untuk mengatasi masalah tersebut,
tapi permasalahan-permasalahn itupun tak kunjung selesai dan menyebabkan siswa
tidak lagi bersemangat belajar dan tidak merasakan makna dari belajar itu
sendiri. Oleh karena itu, yang dibutuhkan oleh Indonesia saat ini adalah solusi
yang dibuat berdasarkan kebutuhan pendidikan negeri ini, dan itu berarti sudah
saatnya bagi Indonesia untuk memiliki lembaga penelitian khusus sistem
pendidikan Indonesia.
Lembaga
penelitian khusus sistem pendidikan Indonesia penting untuk didirikan,
mengingat kita belum memiliki lembaga penelitian khusus di bidang pendidikan
yang bergerak secara besar-besaran, sehingga bisa dikatakan riset-riset terkait
kondisi dan kebutuhan sistem pendidikan di Indonesia masih sangat minim sekali.
Sedangkan bila kita bandingkan dengan riset-riset pemasaran sungguh jauh
berbeda, riset pemasaran dilakukan oleh lembaga-lembag riset kredibel bahkan
bertaraf internasional. Selain itu, riset pemasaran suatu produk dilakukan
dengan sangat detail, mulai dari pola pikir dan perilaku konsumen, desain
kemasan, berbagai metode iklan yang efektif, komposisi rasa, tata letak produk
di toko, bahkan sampah dari produkpun diteliti untuk mengetahui kualitas
pemasaran suatu produk di pasaran dan apa saja hal-hal yang perlu diperbaiki.
Tapi, coba bandingkan dengan riset tentang sistem pendidikan di Indonesia, yang
mayoritas hanya menggunakan angket/questioner, data statistik dan wawancara.
Bukankah ketimpangan yang besar sekali, untuk sebuah produk yang pada dasarnya
hanyalah benda mati, kita melakukan riset sedemikian rupa, tapi untuk sistem
pendidikan yang melibatkan pikiran, jiwa dan masa depan bangsa ini kita masih
jauh dari kata serius.
Oleh
karena itu, pendirian lembaga riset sistem pendidikan Indonesia ini akan
memberikan fakta yang sangat jelas dan teruji kepada kita semua tentang kondisi
dan kebutuhan pendidikan bangsa ini. Sehingga segala kebijakan yang diambil
berorientasi pada kebutuhan segala elemen pendidikan meliputi (siswa, keluarga,
sekolah, dan masyarakat) serta berbasis kearifan kebudayaan lokal. Bayangkan
betapa hebatnya sistem pendidikan di Indonesia jika aturan-aturannya,
kurikulumnya, sarana prasarananya serta komponen lainnya dirancang berdasarkan
data tentang permasalah, keunikan dan kebutuhan pendidikan bangsa ini.
Ditulis Oleh: Tisna Syafnita
0 komentar:
Post a Comment