Home » , , » Mengenag Arnold Clemens Ap

Mengenag Arnold Clemens Ap

Arnold Clemens Ap (foto list dok)
Arnold Clemens Ap: Banyak dari Anda barangkali tidak mengenal nama ini. Dia adalah antropolog, kurator museum Universitas Cendrawasih, seorang penyiar radio yang mengasuh acara Pelangi Budaya Irian Jaya, yang disiarkan setiap pekan oleh RRI Jayapura.

Arnold Ap juga seorang musisi. Dia mendirikan sebuah group musik yang bernama "Mambesak." Dia mengumpulkan berbagai lagu-lagu tradisional Papua dari berbagai suku dan menyanyikannya sebagai lagu rakyat atau folk songs.

Papua adalah musik. Anda mulai bernyanyi, orang secara otomatis akan mengikuti dengan suara 1, 2, 3, dan seterusnya. Iramanya akan jalin menjalin dan bergulung-gulung dengan indah.

Arnold Ap mengarang beberapa lagu berbahasa Indonesia. Salah satunya adalah "Nyanyian Sunyi," yang menjadi favorit saya. Lagu ini penuh kenangan karena pernah menemani saya dalam kesunyian.

Dalam lagu ini, Arnold Ap memainkan semua ironi yang bisa dia ungkapkan tentang tanah dan nasib bangsanya Papua. Refrainnya berbunyi: Surga yang terlantar dan penuh senyuman// Laut mutiara yang hitam terpendam //Dan sungai yang deras mengalirkan emas

Surga terlantar tapi masih bisa tersenyum. Laut mutiara tapi hitam terpendam. Sungai deras, mengalirkan emas yang tak terjangkau. Tanah yang permai, kaya (namun) melarat.

Saya selalu mendengar lagu ini dengan kepedihan yang menyayat.

Ada satu lagi dari Arnold Ap yang berbahasa Indonesia yang juga saya suka. Lagu ini ditulis oleh Arnold Ap di dalam penjara, saat tahu bahwa dia akan meninggal.

Pada bulan November 1983, Arnold Ap dan kawannya Eddie Mofu ditangkap pasukan Kopassus. Dia dijebloskan ke dalam tahanan dan disiksa.

Dia dituduh bersimpati pada gerakan Organisasi Papua Merdeka. Hanya karena kegiatannya dalam memajukan kebudayaan Papua. Tentu saja, dia tidak pernah diadili.

Dalam penjara, Arnold Ap menciptakan lagu yang mengungkapkan kerinduannya akan kebebasan. Lagu ini direkam dalam pita kaset dan diselundupkan keluar, kepada istrinya yang sudah terlebih dahulu lari dan hidup di kamp pengungsian di Papua New Guinea.

Hidup ini suatu misteri
Tak terbayang, juga tak terduga
Beginilah kenyataan ini
Aku terkurung di dalam duniaku

Yang kudamba dan kunanti
Tiada lain, hanya kebebasan 2x

Andai saja aku burung elang
Terbang tinggi, mata menelusur
Tapi sayang nasib burung sial
Jadi buruan, akhirnya terkurung

Yang ku damba yang ku nanti
Tiada lain, hanya kebebasan 2x


Arnold Ap akhirnya ditemukan meninggal pada hari raya Paskah tanggal 26 April, 1984 di Pantai Pasir 6, Jayapura. Kepalanya ada luka tembak dari belakang. Keterangan aparat keamanan Indonesia adalah karena dia berusaha melarikan diri.

Apa yang tidak bisa dibunuh dari Arnold Ap adalah warisan imajinasinya. Dia membantu bangsa Papua menemukan dirinya sendiri. Generasi muda Papua menciptakan musiknya sendiri. Tidak sedikit yang berkiblat pada ide-ide yang sudah ditanamkan pondasinya oleh Arnold Ap.

Hari-hari ini saya mengenangkan Arnold Ap dan Eddie Mofu, yang keduanya dibunuh tiga puluh lima tahun yang lalu.

Lagu terakhir Arnold Ap bisa ditonton disini:

https://bit.ly/2ZsDfsw

Lagu "Nyanyian Sunyi" bisa didengarkan disini:

https://bit.ly/2VZyDIh

#Repost Fb: made Supriatma
#melawanlupa

Share this video :

1 comment:

  1. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Lady Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran di muka, tetapi mereka adalah penipu , karena mereka kemudian akan meminta pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah terhadap Perusahaan Pinjaman yang curang itu.

    Perusahaan pinjaman yang nyata dan sah, tidak akan menuntut pembayaran konstan dan mereka tidak akan menunda pemrosesan transfer pinjaman, jadi harap bijak.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial dan putus asa, saya telah ditipu oleh beberapa pemberi pinjaman online, saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ms. Cynthia, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa konstan pembayaran atau tekanan dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik jika dia membantu saya dengan pinjaman, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres atau penipuan

    Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman apa pun, silakan hubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan atas karunia Allah, ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan memberi tahu saya tentang Ibu Cynthia, ini emailnya: arissetymin@gmail.com

    Yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran cicilan pinjaman saya yang akan saya kirim langsung ke rekening perusahaan setiap bulan.

    Sepatah kata cukup untuk orang bijak.

    ReplyDelete

 
Copyright © 2013. RASUDO FM DOGIYAI - All Rights Reserved

Distributed By Free Blogger Templates | Lyrics | Songs.pk | Download Ringtones | HD Wallpapers For Mobile

Proudly powered by Blogger