Home » , » “GAMBARAN PERAN MAHASISWA PAPUA KHUSUS PANIAI DALAM PILKADA ”

“GAMBARAN PERAN MAHASISWA PAPUA KHUSUS PANIAI DALAM PILKADA ”

“GAMBARAN PERAN MAHASISWA PAPUA KHUSUS PANAI DALAM PILKADA”

Tinus Weya Dide
Rasudofm - oleh Tinus Weya Dide pada 28 Februari 2012 pukul 10:54 ·
Saat ini di Tanah Papua sedang di Bumbui dengan tirani kekuasaan hingga timbul berbagai konflik yang tak henti-henti  dalam mengawal proses Pemilihan Kepala Daerah (PILKADA).

Sesungguhnya dalam semua Pilkada di tanah papua , mahasiswa Papua, termasuk Mahasiswa Kabupaten Paniai mempunyai peran yang sangat penting dalam pengawalan tahapan-tahapan Pilkada.  Banyak  cara yang dapat dilakukan oleh  mahasiswa untuk ikut andil dalam pesta demokrasi, diantaranya Membentuk Tim Peduli Pembangunan dan Masyarakat (TPPM) Paniai atau Tim pemantau Independen (TPI) dalam Pilkada paniai.  dimana tim2 ini merupakan Tim yang akan memantau dan melakukan kegiatan secara langsung dalam jalannya Pilkada mulai Tahapan awal sampai Tahap Perhitungan suara atau akhir.

Kemudian hal lain yang dapat dilakukan oleh Mahasiswa Paniai melalui Tim2 itu adalah mengupas tuntas Visi Misi Calon Kepala daerah dengan pakarnya atau dapat mengadakan debat visi misi calon kepala daerah dimana dalam hal ini akan kelihatan seperti apa watak pemimpin dan visi misinya kedepan dalam sebuah SEMINAR terbuka yang hasilnya dapat melahirkan rekomendasi bersama. Kemudian Mahasiswa Paniai juga bisa menyadarkan masyarakat yang selalu terpengaruh untuk memilih dengan alasan-alasan primodial atau lebih memilih pemimpin yang satu marga, satu kampung bukan pemimpin yang membawa kearah yang lebih baik tetapi tentu saja ideology independensi Mahasiswa paniai dalam mencerdaskan Pemilihan ini bisa harus dijunjung  tinggi dan Mahasiswa Paniai juag bisa melakukan usaha usaha pengontrolan pemerintahan kedepannya, serta dapat melakukan deal deal dengan calon kepala daerah dengan menyodorkan kontrak politik calon calon kepala daerah, sehingga harapannya nanti, ketika kepala daerah tersebut terpilih, mereka dapat menjalankan kontrak politik (Rekomendasi bersama) yang disodorkan itu. Kontrak politik atau rekomendasi tersebut berisi hal hal menyangkut kesejahteraan masyarakat, mengetaskan masalah kemiskinan, lapangan kerja dan hal hal lainnya yang muaranya ke masyarakat yang sejahtera. Kontrak politik ini merupakan sebuah tantangan besar untuk calon Kepala daerah, dan ini dapat disepakati asalkan dalam koridor wajar dan ini dapat dijadikan bahan pengawalan terhadap pemerintahan nantinya.

Follow up dari kontrak politik ini nanti yang akan jadi bahan evaluasi dari kepala daerah terpilih nanti. berikutnya adalah membangun kerjasama dengan lembaga lembaga independen lainya dalam pengawasan PILKADA dan mensinergikan gerakan dengan KPUD dalam mensukseskan PILKADA. Hal ini mutlak dilakukan mahasiswa dalam perannya sebagai Social control.

Masih banyak langkah konkrit yang bisa dilakukan oleh Mahasiswa melalui Tim2 tersebut, namun tetap kesadaran masyarakat akan pentingnya PILKADA juga sangat harus ditingkatkan. Memilih atau tidaknya masyarakat, masyarakat akan tetap dipimpin oleh pemimpin dari hasil pilkada, tetapi mereka bisa saja dipimpin dengan pemimpin yang baik dan bisa juga dipimpin oleh pemimpin yang buruk, Tetapi dengan ikutnya masyarakat dalam memilih dan tentunya memilih dengan cerdas pemimpin yang di dapat nantinya adalah  pemimpin yang akan membawa kepada daerah menjadi daerah yang lebih baik. “Salam Peduli Pembangunan dan Masyarakat Paniai”.  (TP)
Share this video :

0 komentar:

Post a Comment

 
Copyright © 2013. RASUDO FM DOGIYAI - All Rights Reserved

Distributed By Free Blogger Templates | Lyrics | Songs.pk | Download Ringtones | HD Wallpapers For Mobile

Proudly powered by Blogger