.
» » » Wakil Bupati Mimika Minta Guru tak Mogok

Wakil Bupati Mimika Minta Guru tak Mogok

Penulis By on Tuesday, 24 April 2012 | No comments

TIMIKA -- Wakil Bupati Mimika, Papua, Abdul Muis mengimbau para guru di daerahnya mengurungkan kembali rencana untuk mogok mengajar lantaran belum dicairkannya anggaran bantuan operasional pendidikan daerah (BOPDA).
"Saya menilai langkah itu kurang tepat. Untuk itu saya mengimbau PGRI memikirkan kembali secara matang rencana tersebut karena mogok mengajar akan berdampak luas dan yang menjadi korban adalah anak-anak," katanya di Timika, Selasa.
Ia menegaskan, pencairan BOPDA 2011 merupakan tanggung jawab Bupati Klemen Tinal.
Hingga saat ini Klemen Tinal jarang berada di Timika, karena selalu bepergian ke luar daerah dengan agenda yang tidak jelas serta sulit dihubungi.
"Kita tunggu saja bupati. Saya sendiri belum tahu secara jelas apa alasannya sehingga dana itu belum dicairkan. Yang saya dengar alasan belum dicairkannya BOPDA 2011 karena masih banyak sekolah yang belum memasukan laporan pertanggungjawaban penggunaan keuangan sebelumnya," katan Muis.
Ketua PGRI Mimika, Fredericus H Letsoin mengatakan rencana mogok para guru akan ditunda setelah ada tawaran dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan untuk memfasilitasi pertemuan pengurus PGRI Mimika dan para kepala sekolah dengan Bupati Klemen Tinal.
Namun jika Pemkab Mimika tidak juga mencairkan BOPDA 2011 maka PGRI menegaskan bahwa aksi mogok mengajar para guru di Mimika akan tetap digelar.
Tidak itu saja, PGRI Mimika juga berencana membentuk tim khusus untuk berangkat ke Jakarta guna mendesak Kementerian Dalam Negeri agar menyelidiki dana BOPDA Mimika tahun 2011.
PGRI Mimika menduga ada penyelewengan dana BOSDA 2011 sehingga sampai saat ini Pemkab Mimika tidak mau mencairkannya.

Sumber: Antara
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya