Home » , » BMKG: Warga di Timur Indonesia harus Waspadai Siklon Tropis

BMKG: Warga di Timur Indonesia harus Waspadai Siklon Tropis

Ilustrasi cuaca buruk
Jakarta - Warga yang berada di kawasan timur Indonesia diminta waspada. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Sabtu (28/7), merilis ada peningkatan depresi tropis menjadi siklon tropis Saola di Samudera Pasifik timur Filipina.

Saat ini, posisi siklon tropis Saola berada di sekitar 14.5 lintang utara, 126.8 bujur timur atau sekitar 1250 kilometer sebelah utara Tahuna. Diperkirakan, siklon akan menjauh dari wilayah Indonesia. Namun, kekuatannya meningkat menguat dengan pergerakan cenderung ke arah barat laut.

Siklon tropis Saola bisa berdampak pada kawasan timur Indonesia berupa hujan dengan intensitas ringan, sedang dan tinggi di wilayah Kalimantan Timur bagian utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat bagian utara.

Selain itu, gelombang laut dengan tinggi 2 - 3 meter berpeluang terjadi di Laut Banda bagian utara, Perairan Kepulauan Banggai - Kepulauan Sula, Laut Maluku bagian selatan, Perairan Kepulauan Raja Ampat, Perairan Fak Fak di Kaimana, Perairan Yos Sudarso di Merauke.

Gelombang dengan ketinggian 3 - 4 meter berpeluang terjadi di Perairan Kepulauan Sangihe, Perairan utara Halmahera, Laut Halmahera, Laut Maluku bagian utara. Gelombang dengan ketinggian 4 - 5 meter berpeluang terjadi di Samudera Pasifik utara Halmahera, Perairan Kepulauan Talaud.

Warga diimbau meningkatkan kewaspadaan terkait ancaman dampak siklon tropis itu. Sebab, siklon dapat menimbulkan banjir, longsor dan kecelakaan lalu lintas di perairan laut. Terbukti banjir bandang dan longsor dalam dua minggu terakhir disebabkan oleh hujan berintesitas tinggi pengaruh dari adanya siklon tropis atau depresi di bagian utara Indonesia, seperti banjir dan longsor di Sangihe, Padang, Maluku, Papua, dan Gorontalo.(DOR)


Metrotvnews.com






Share this video :

0 komentar:

Post a Comment

 
Copyright © 2013. RASUDO FM DOGIYAI - All Rights Reserved

Distributed By Free Blogger Templates | Lyrics | Songs.pk | Download Ringtones | HD Wallpapers For Mobile

Proudly powered by Blogger