.
» » » » » Kisruh Tambang Emas , Dua Suku di Nabire - Papua Bersitegang

Kisruh Tambang Emas , Dua Suku di Nabire - Papua Bersitegang

Penulis By on Wednesday, 11 July 2012 | No comments

(Ilustrasi)
NABIRE - Warga Suku Dani dan Suku Ekari/Mee di Kabupaten Nabire, Papua, bersitegang. Warga dua suku tersebut saling merazia dan mepersenjatai diri dengan panah dan parang di ruas jalan Nabire-Enarotali, Selasa 10 Juli sore.

Puluhan warga Suku Dani, lengkap dengan panah dan parang, menggeledah setiap mobil yang melintas di ruas jalan Nabire-Enarotali, tepatnya di Kampung Wadio atau sekira delapan kilometer dari kota Nabire.

Penggeledahan tersebut merupakan aksi balasan setelah warga Ekari/Mee merazia Suku Dani di jalan Nabire-Enaratoli Km 32. Lokasi tersebut merupakan permukiman warga Ekari/Mee.

Beruntung, pertikaian tidak berbuntut pada kekerasan. Razia berakhir sekira pukul 18.00 WIT setelah kepolisian berjanji akan mengawal kedua suku yang bertikai sampai ke kampung masing-masing.

Pertikaian dua suku itu bermula dari isu bahwa warga Dani akan mengusir suku Ekari/Mee dari tempat pendulangan emas di wilayah Topo, Distrik Uwapa, Kabupaten Nabire.

Pihak DPRD Kabupaten Nabire sudah mempertemukan dua kepala suku pada pekan lalu, disaksikan muspida. Namun upaya mediasi tersebut belum membuahkan hasil.

(Manuala Manurung/Sindo TV/ton)

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya