.
» » Posbakum di Serui Menjadi Harapan Baru

Posbakum di Serui Menjadi Harapan Baru

Penulis By on Wednesday, 4 July 2012 | No comments

Yapen – Pos Bantuan Hukum (Posbakum) akan berdiri di Kab Kepulauan Yapen yang bertujuan untuk meringankan beban biaya yang harus ditanggung oleh anggota masyarakat tidak mampu di Pengadilan dan memberikan kesempatan yang merata kepada masyarakat untuk memperoleh pembelaan dan perlindungan hukum.
Selain itu untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat tentang hukum melalui penghargaan, pemenuhan dan perlindungan terhadap hak dan kewajibannya.
“Untuk membantu warga yang kurang mampu dan juga meningkatkan akses keadilan kepada masyarakat kami sudah mendirikan Pos Bantuan Hukum (Posbakum) yang berada di bawah Pengadilan negeri Serui,” demikian dikatakan ketua Posbakum Daud Benamen,SH pekan lalu.
Menurutnya, di Serui muncul banyak masalah hukum, namun dikarenakan tidak punya informasi tentang bagaimana membela hak-haknya serta ketiadaan dana mengakibatkan berbagai masalah hukum itu hanya dibiarkan saja dan terkadang diselesaikan melalui kekerasan.
Kehadiran Posbakum untuk bisa memberikan bantuan hukum kepada masyarakat. “Idealnya semua orang yang berlatar belakang pendidikan Sarjana hukum bisa bergabung di Posbakum untuk membantu warga di Yapen”.
Harapannya upaya untuk memperjuangkan hak-hak masyarakat semakin terbuka  didepan hukum “sebagai bagian dari penegakkan dan penghargaan hak-hak konstitusional tiap warga,” tambahnya laki-laki kelahiran Maluku ini. (04/AIDP)

 Sumber:


Baca Juga Artikel Terkait Lainnya