Home » » Makam Theys Dipenuhi Aparat TNI/Polri, Ibadah HUT Papua Batal Digelar

Makam Theys Dipenuhi Aparat TNI/Polri, Ibadah HUT Papua Batal Digelar

Beberapa Truck aparat TNI/Polri diparkir tak jauh dari Lapangan Taman Makam Theys Hiyo Elluay, yang direncanakan akan digunakan sebagai tempat ibadah (Foto: Oktovianus Pogau/SP)
PAPUAN, Jayapura — Ibadah perayaan HUT Kemerdekaan Papua Barat yang rencananya dilangsungkan siang ini, Sabtu (01/12), di Lapangan Taman Makam Theys Hiyo Elluay, Sentani, Papua, akhirnya batal digelar sebab sejumlah aparat TNI/Polri sudah lebih dulu berada di dalam lapangan.


Pantaun suarapapua.com, sejumlah aparat TNI/Polri berseragam lengkap sudah duduk di kursi-kursi yang diketahui telah didirikan oleh mereka sendiri sejak sore kemarin, sambil mengobrol santai, dan tidak tampak satupun aktivis Papua di dalam lapangan.

Jubir KNPB, Wim Medlama, ketika dihubungi media ini membenarkan sikap aparat TNI/Polri yang arogan dan sudah lebih dulu menenpati tempat ibadah yang sudah lebih dulu direncanakan panitia.

“Tadi pagi mereka mulai dengan apel pagi di dalam Lapangan, kemudian kursi-kursi dan tenda mereka sendiri yang siapakan sejak kemarin sore,” kata Wim kepada suarapapua.com, siang tadi.

Selain itu, menurut Wim, aparat juga melakukan upacara bakar batu dengan beberapa warga setempat yang sengaja dilakukan untuk menimbulkan konflik antara peserta yang akan ibadah dengan warga setempat.
Pantauan media ini, sekitar 20 meter dari lapangan Theys, tampak 4 truck Polisi, 2 truck Brimob, 1 mobil warter canon, dan belasan mobil milik aparat berseragam preman yang diparkir untuk mengamankan jalannya ibadah.

Kemudian, sekitar 100 meter dari lapangan, tampak juga di parkir juga beberapa truck milik aparat TNI.
Dorus Wakum, aktivis HAM di Jakarta menilai sikap aparat yang menghalangi jalannya ibadah di Taman Makam Theys sangat berlebihan dan arogan.

“Saya pikir pemerintah melalui aparat keamanan dalam hal ini Polisi di Jayapura tidak perlu berlebihan dalam melayani rakyat Papua Barat yang hari ini memperingati HUT Papua Barat Merdeka, ibadah atau aksi demokrasi lainnya dalam bentuk pengungkapan ekspresi warga adalah hal biasa dalam era reformasi ini,” ujarnya.

OKTOVIANUS POGAU

 Sumber: http://suarapapua.com/2012/12/makam-theys-dipenuhi-aparat-tnipolri-ibadah-hut-papua-batal-digelar/
Share this video :

0 komentar:

Post a Comment

 
Copyright © 2013. RASUDO FM DOGIYAI - All Rights Reserved

Distributed By Free Blogger Templates | Lyrics | Songs.pk | Download Ringtones | HD Wallpapers For Mobile

Proudly powered by Blogger