Home » , » Wilayah Pelosok Sorong Sudah Miliki Akses Jalan

Wilayah Pelosok Sorong Sudah Miliki Akses Jalan

KABUPATEN SORONG Dari observasi lapangan yang dilakukan tim yang dipimpin langsung Bupati Sorong, dapat dipastikan bahwa jalan masuk ke pelosok kabupaten ini benar-benar sudah terakses. Bahkan, kegiatan pembangunan dan peningkatan jalan dan jembatan di daerah ini sudah diperiksa oleh BPK dan diawasi ketat BPKP Papua Barat dan dinyatakan tak bermasalah.

Hal itu diutarakan Bupati Sorong, Papua Barat, Dr Stefanus Malak M.Si melalui Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Humas), Marthen Nebore S.Sos M.Si, kepada wartawan di KM 24 Aimas Sorong, akhir pekan lalu.

"Pembangunan infrastruktur jalan di Kabupaten Sorong meliputi pembangunan jalan Sorong Pelabuhan Arar, pembangunan jalan Bandara Segun 30 km, pembangunan jalan Aimas ke Klaili ke Mega 80 km. Sedangkan peningkatan jalan meliputi Sorong - Klamono Klamono 48 km, Klamono Ayamaru 116 km, Sorong-Makbon-Mega-Sausapor 161 km dan Sorong - Seget 70 km," kata Nebore
Seperti diketahui, kata Nebore, luas wilayah Kabupaten Sorong 13.603,31 km2. Terdiri dari luas daratan 828.931,52 Hektare (Ha) atau 8.289,31 Km2. Sedangkan luas wilayah laut 514.636,39 Ha atau 5.146,36 Km2. Dengan jumlah penduduk hingga 2012 adalah 123.874 jiwa.

Upaya Bupati Malak, saat ini, lanjut Nebore, adalah membangun perumahan dan permukiman di Kabupaten Sorong. Yaitu, pembangunan dan perbaikan rumah layak huni di wilayah distrik dan daerah terpencil/terisolasi (kampung).
Pembangunan perumahan di wilayah perkotaan melalui pihak pengembang (swasta), dan peningkatan pembangunan rumah layak huni swadaya masyarakat. Penyediaan perumahan berkelanjutan, memadai, layak dan terjangkau oleh daya beli masyarakat. Relokasi perumahan penduduk yang tidak layak huni serta penataan dan perbaikan rumah rakyat tidak mampu.

Kabupaten Sorong juga, kata Nebore, memiliki Kawasan Industri Arar (KIA), dengan luas lahan sebesar 6.000 Ha. Saat ini di kawasan tersebut terdapat sejumlah investor. Antara lain menangani gudang dan aspal curah, pabrik Semen Gresik, pabrik semen Bosowa, pabrik minyak sawit, dan kapal roro (kapal feri). Di kawasan Arar tersebut rencanya juga akan dibangun Pangkalan Armada Timur TNI AL dan kawasan minopolitan.

Kabupaten Sorong, juga akan memiliki Bandara Internasional Segun. Bandara ini memiliki lahan 2.500 Ha. Hingga saat ini pembangunan sudah masuk tahap pembersihan dan pematangan lahan.

Bidang pembangunan peningkatan ekonomi masyarakat salah satunya yang paling merakyat adalah beternak sapi, babi, kambing dan ayam. Masyarakat diberikan bibit. Kemudian dibimbing oleh instansi terkait. Upaya ini berhasil karena masyarakat saat ini sudah mulai menjual hasil ternaknya di pasar. "Oleh karena itu, kalau ada orang sakit hati yang menyatakan, pembangunan di Kabupaten Sorong tidak lancar itu karena mereka tidak lihat langsung percepatan pembangunan di Kabupaten Sorong saat ini," kata Nebore. (Yacob Nauly/SK)
Share this video :

0 komentar:

Post a Comment

 
Copyright © 2013. RASUDO FM DOGIYAI - All Rights Reserved

Distributed By Free Blogger Templates | Lyrics | Songs.pk | Download Ringtones | HD Wallpapers For Mobile

Proudly powered by Blogger