.
» » Dubes Swiss Ingin Tau Kegagalan Otsus Dan Dialog Jakarta – Papua

Dubes Swiss Ingin Tau Kegagalan Otsus Dan Dialog Jakarta – Papua

Penulis By on Wednesday, 7 May 2014 | No comments

Dubes Swiss Bersama Ketua DPR Papua. ( Foto doc:Jubi)
Jayapura, 5/5 (Jubi) – Duta Besar (Dubes) Negara Swiss, Daniel Dersic mengunjungi Papua dan melakukan pertemuan dengan sejumlah pemangku kepentingan provinsi Papua. Tak hanya bertemu Gubernur Papua, Dubes Swiss juga menemui DPR Papua, Senin (5/5).

Dalam pertemuan itu, Daniel Dersic mengatakan, dalam kunjungan pertama kali ke Papua itu, pihaknya ingin mengetahui perjalan Otonomi Khusus (Otsus) di Papua.
“Kedatangan saya ingin melihat langsung dan merasakan kesan terhadap pembangunan di Papua, dan perjalanan Otsus yang dianggap masyarakat Papua gagal. Juga perkembangan dari keinginan masyarakat meminta dialog antara masyarakat Papua dengan Pemerintah,” kata Daniel Dersic.
Menurut Daniel Dersic, pihaknya ingin tahu mengenai dialog Jakarta-Papua, siapa sebenarnya yang ingin ketemu pemerintah pusat.
“Apakah pemerintah Provinsi bersama DPR Papua dan MRP, atau masyarakat saja. Atau juga semua elemen. Kami ingin tahu. Begitu juga dengan keamanan di Papua,” ujarnya.
Di tempat yang sama, Ketua DPR Papua, Deerd Tabuni mengatakan, Otsus merupakan pikiran dari masyarakat Papua. Namun sekian puluh tahun rakyat Papua dan belum merasakan kesejahteraan.
“Hanya kota saja yang kelihatan maju. Namun di pedalaman lainnya seperti di pesisir dan pegunungan masih dibawah garis kemiskinan. Padahal pendapatan Indonesia sebagian besar dari Papua, seperti PT.Freeport Indonesia,” kata Deerd.
Menurutnya, jika hasil bumi Papua dikelola sendiri rakyat Papua pasti sejahtera dan tak lagi berteriak merdeka. Yang ada bagaimana rakyat itu saling bersaing demi memajukan daerahnya itu sendiri.
“Mengenai keamanan di Papua, selalu berubah-ubah. Tidak menentu. Kadang terjadi penembakan disana-sini. Ini juga kami bingung. Polisi tidak pernah menangkap pelakunya. Sehingga membuat kami curiga,” ujarnya.(Jubi/Arjuna)

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya