BREAKING NEWS
Search

Kasus Alkitab terbakar, Gubernur : Gereja sedang tunggu penyelesaian oleh TNI

Gubernur Papua, Lukas Enembe - Jubi/Alexander Loen
Jayapura – Gubernur Papua, Lukas Enembe megatakan saat ini seluruh gereja di Papua sedang menunggu kelanjutan proses penyelesaian hukum pada kasus terbakarnya Alkitab di Mess Korem 172/PWY pada Kamis 25 Mei lalu.

“Saat ini gereja sedang menunggu penyelesaian oleh TNI. Saya minta agar Panglima segera memproses oknum yang terlibat secepatnya agar dihukum setimpal dengan perbuatannya itu,” kata Gubernur Enembe di Gedung Negara Provinsi Papua kepada Pangdam XVII Cenderawasih, Sabtu (3/6/2017).

Gubernur Enembe menegaskan, saat ini seluruh gereja dan umat nasrani di Papua sedang menunggu sikap TNI dalam penyelesaian kasus tersebut.

“Walapun orang asli Papua dan umat Nasrani itu sangat mengasihi manusia lainnya, tapi kasus ini harus diselesaikan. Agar tidak menjadi pertanyaan bagi orang Papua dan umat Nasrani lainnya,” jelas Gubernur Enembe.

Lebih lanjut, Gubernur Enembe menekankan agar pihak-pihak dalam institusi TNI tidak menghambat proses penyelesaian hukum kasus ini. Proses persidangan harus secepatnya dilakukan dan terbuka.
“Pihak oditurat militer saya harap tidak menghambat. Proses hukum harus berjalan sesuai aturan,” tegas Gubernur Enembe.

Pangdam XVII Cenderawasih dalam kesempatan yang sama menegaskan komitmennya untuk menyelesaikan kasus yang disebutkan oleh Gubernur.

“Jabatan dan pangkat saya ini saya pertaruhkan untuk itu jika saya tidak memproses itu (kasus Alkitab terbakar) dengan benar,” janji Pangdam.

Ia menghimbau masyarakat Papua, terutama di Kota Jayapura agar tidak mudah percaya pada isu-isu yang tidak benar.

“Percayakan semuanya pada proses hukum,” himbau Pangdam.

Apapun hasilnya nanti, Pangdam menegaskan akan diumumkan secara terbuka. Dan saat proses pengadilan dilakukan, akan dilakukan secara terbuka sebagai jawaban pertanyaan masyarakat. Sekaligus untuk mengantisipasi agar tidak terjadi konflik atau tindakan kekerasan lanjutan jika nantinya terbukti oknum anggota TNI tersebut benar berperan sehingga mengakibatkan Alkitab terbakar. (*)

Reporter :Victor Mambor - Jubi



nanomag

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Aenean commodo ligula eget dolor. Aenean massa. Cum sociis natoque penatibus et magnis dis parturient montes, nascetur ridiculus mus.


0 thoughts on “Kasus Alkitab terbakar, Gubernur : Gereja sedang tunggu penyelesaian oleh TNI