.
» » » » » Sejumlah Kekerasan Bersenjata Diminta Diungkap

Sejumlah Kekerasan Bersenjata Diminta Diungkap

Penulis By on Thursday, 12 July 2012 | No comments

BEM Uncen: Tertembaknya Mako Tabuni Disayangkan
Para pengurus BEM UNcen saat
menggelar jumpa pers, Rabu (11/7).
JAYAPURA – Sejumlah kasus kekerasan yang menggunakan senjata api maupun senjata tajam yang menimbulkan korban jiwa di Papua, terutama yang oleh pihak aparat keamanan masih dinyatakan dilakukan oleh Orang Tak Dikenal (OTK), diminta segera diungkap dan dijelaskan secara jelas ke masyarakat.

Hal itu diungkapkan sejumlah pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Cenderawasih (Uncen), saat menggelar Jumpa Pers di secretariat BEM Uncen, Padang Bulan, Rabu (11/7). “Kami meminta kepada aparat keamanan untuk secepatnya menyelesaikan permasalahan yang terjdi di tanah Papua ini, sehingga tidak mengakibatkan saling curiga mencurigai antar warga dan jangan ada proses pembiaraan hingga berlarut-larut,” ungkap Yason Ngelia (Kabid Humas & Protoler BEM Uncen) didampingi Alfa Rohrohmana (Kabid Kesejahteraan mahasiswa BEM Uncen), Yoan Wambitman (Ketua BEM Teknik Uncen) dan dua anggota BEM Uncen lainnya.

Apabila tidak segera diungkap, pihaknya khawatir dapat menimbulkan konflik horizontal antara warga masyarakat Papua dan non Papua.

Dalam kesempatan tersebut juga diungkapkan penyesalannya atas ditembaknnya Mako Tabuni (Ketua I KNPB), sehingga kasus yang sebenarnya tidak terungkap dengan jelas. “Pihak kepolisian (Polda Papua) belum dapat menunjukkan bukti yang akurat kepada publik bahwa Mako Tabuni adalah pelaku penembakan di wilayah Kota Jayapura,” ungkapnya. Kalaupun terbukti, seharusnya pihak kepolisian dapat lebih mengedepankan asas praduga tidak bersalah, sebagai bentuk penghormatan terhadap konstitusi Negara ini yaitu Negara Hukum.

Untuk penanganan konflik yang terjadi di Papua, BEM Uncen meminta kepada pemerintah, baik itu eksekutif dan legislative di Papua dalam hal ini Gubernur, DPRP dan MRP agar turut terlibat dalam menyelesaikan persoalan teror penembakan yang dilakukan OTK, agar secepatnya ada kenyamanan & kedamaian di seluruh tanah Papua.

BEM Uncen juga meminta kepada Pemerintah Papua dan TNI Polri dapat memberikan jaminan keamanan kepada seluruh warga di tanah Papua, terlebih khusus di beberapa daerah dimana terjadi kasus-kasus penembakan.(aj/don/l03)

http://bintangpapua.com/headline/24759-sejumlah-kekerasan-bersenjata-diminta-diungkap

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya